Latihan penembakan Meriam 76 mm di Puslatpur Paiton Probolinggo

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Komando Armada (Koarmada) II melaksanakan Latihan Penembakan Meriam 76 mm di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Pantai Paiton, Probolinggo, Jawa Timur pada 25 November 2020.

Komandan Satkor Koarmada II Kolonel Laut (P) Ashari Alamsyah mengatakan, latihan penembakan menggunakan meriam 76 mm dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan para prajurit Satkor Koarmada II yang mengawaki Persenjataan Atas Air.

Latihan ini wajib dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk upaya penyegaran kembali materi-materi tentang pengenalan hingga pengoperasian meriam 76 mm yang dimiliki.

Latihan penembakan meriam 76 mm di puslatpur paiton koarmada 2Pen Koarmada II

Ditegaskan, kemampuan melaksanakan penembakan menggunakan meriam 76 mm pada dasarnya merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh setiap pengawak Kapal Republik Indonesia (KRI).

Terutama, bagi Korps Senjata yang ada di Departemen Operasi tiap-tiap unsur Satkor .

Peningkatan kemampuan prajurit, lanjutnya seperti disiarkan Penerangan Koarmada II, sesuai dengan ketentuan dari Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI I Nyoman Gede Sudihartawan dan sejalan dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono di bidang pembangunan sumber daya manusia (SDM) TNI AL yang unggul.

Puslatpur Paiton Koarmada II_2Pen koarmada II

Ke depan, harapnya, latihan penembakan meriam bisa diterapkan berjenjang dan bertingkat kepada seluruh prajurit agar nantinya siap dalam berbagai kondisi. Baik saat melaksanakan tugas operasi maupun latihan.

Roni Sontani

One Reply to “Latihan penembakan Meriam 76 mm di Puslatpur Paiton Probolinggo”

  1. Getaran tiap tembakan terasa mengguncang rumah yang berjarak lurus 1.2km. Bagaimana prajurit yang menembakkannya dari jarak dekat ya? Butuh ketahanan fisik yang prima…!

    Ayo latihan lagi Ndan.. Anak2 suka apalagi pas maen game Battle Ground.. Serasa efek yang nyata..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *