Ingin cepat dapat pesawat, Yunani rela terima F-35 bekas

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Yunani ingin cepat mendapatkan pesawat. Proposal pembelian telah diajukan ke Washington. Athena rela mendapatkan F-35 bekas USAF.

Demikian dikatakan pejabat Departemen Pertahanan Amerika Serikat dan diberitakan oleh Air Force Magazine.

Surat Permintaan (LOR) telah resmi dikirim oleh Kementerian Pertahanan Yunani pada 6 November 2020.

Surat itu meminta pembelian pesawat dengan “segera”, sehingga pesawat pertama dapat dikirim pada 2021. Ditegaskan dalam dokumen tersebut bahwa garis waktu tersebut “penting”.

Ada hubungannya dengan batas waktu jaminan pinjaman Uni Eropa

Meski tidak jelas mengapa Yunani menetapkan waktu pembelian sebagai hal yang sangat penting, pejabat industri pertahanan mengatakan bahwa hal itu kemungkinan ada hubungannya dengan jaminan pinjaman dari Uni Eropa yang akan berakhir dalam beberapa bulan mendatang.

Pembiayaan tersebut, juga dipandang sebagai alasan Yunani bersedia menerima bekas F-35 bekas Angkatan Udara.

LOR mengatakan, penjualan akan dipengaruhi oleh kecepatan pengiriman, konfigurasi pesawat, dan “rencana pembayaran kembali”.

Menyatakan minat membeli F-35 sejak awal 2019

Yunani telah secara terbuka menyatakan minat untuk membeli F-35 sejak awal 2019. Tetapi, masalah fiskal berjalan menghalangi permintaan resmi.

Kementerian Pertahanan Yunani awalnya menyebut ingin mendapatkan 25-30 F-35.

Meski belum ada jawaban resmi yang dikeluarkan oleh Pentagon, seorang pejabat pertahanan mengatakan bahwa USAF tidak memiliki kelebihan F-35.

Sehingga, tidak dapat dipastikan apakah pesawat yang ada dapat dijual ke Yunani atau tidak.

Baca Juga: Desas-desus, Inggris akan kurangi pesanan F-35B dan beralih ke Tempest

Namun demikian, USAF dalam beberapa tahun terakhir telah bergumul dengan anggaran untuk dapat memodifikasi F-35 tertua ke standar produksi saat ini.

Menjual jet lama dan menggantinya dengan model yang lebih baru, lanjut pejabat tadi, bisa saja menjuadi solusi untuk memenuhi USAF.

Kalaupun F-35 generasi tua tidak jadi dijual atau dimodifikasi, lanjutnya, USAF akan menggunakan pesawat itu sebagai pesawat skadron agresor.

AS tawarkan F-16V yang siap ekspor

Pejabat pertahanan mengatakan, AS telah mendesak Yunani untuk membeli F-16V Block 70, yaitu versi paling canggih dari F-16 yang sekarang tersedia untuk ekspor.

Dikatakan, dengan perusahaan pendukung F-16 yang sudah ada, Yunani dapat dengan mudah menyerap pesawat terbaru itu dengan biaya yang jauh lebih rendah.

Meski demikian, ujar dia, tak dapat dipungkiri memang ada “faktor prestise” yang terlibat dalam hal pembelian F-35.

Diuraikan, sejumlah kecil F-35 sudah bisa menjadi “pengganda kekuatan” untuk F-16 Yunani lainnya.

Roni Sontani

One Reply to “Ingin cepat dapat pesawat, Yunani rela terima F-35 bekas”

  1. Indonesia meminta pembelian pesawat F35 disuruh tunggu 9 tahun dan harus membeli pesawat F16 viper blok 72 sebagai pesawat generasi 4,5 sebelum ke generasi 5 , tapi yunani yg negaranya hampir bangkrut karena utang negara , meminta pesawat F35 dikasih tuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *