Su-30MKM Malaysia tembakkan rudal udara ke udara R-77 (RVV-AE)

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat tempur Sukhoi Su-30MKM milik Tentera Udara Diraja Malaysia (TUDM) telah melaksanakan penembakan menggunakan rudal udara ke udara R-77 (RVV-AE).

Hal itu terlihat dalam tayangan video yang dibagikan oleh akun twitter TUDM pada Rabu, 18 November 2020.

Program Validasi Tembakan Misil Udara ke Udara (AAMF)

Akun TUDM mencuit: “Tentera Udara Diraja Malaysia telah melaksanakan Program Validasi Tembakan Misil Udara ke Udara (AAMF) bagi tahun 2020. Objektif utama program ini adalah bagi menguji tahap kompetensi anak kapal pesawat pejuang dan juga kesiagaan aset-aset TUDM.”

 

TUDM RVV-AE_3TUDM

Pemerintah Malaysia melaksanakan pembelian 18 Su-30MKM dari Rusia pada 2003. Kontrak pembelian ditandatangani saat kunjungan resmi Presiden Vladimir Putin ke Malaysia pada saat itu.

Pesawat-pesawat Su-30MKM mulai diterima oleh TUDM pada Juni 2007 dan selesai pada Agustus 2009. Su-30MKM dibuat oleh Irkut Corporation.

Menguji kompetensi penerbang tempur

Selain pesawat Su-30MKM, dalam latihan penembakan rudal udara ke udara ini TUDM juga mengerahkan pesawat tempur lainnya, yaitu pesawat Hawk dari Skadron No. 6 dan Skadron No. 15.

Tampak dalam video, pesawat Hawk meluncurkan rudal udara ke udara AIM-9 Sidewinder.

TUDM AIM-9_HAWK

“Latihan Tembakan Misil Udara ke Udara (AAMF) melibatkan pesawat Hawk dari No 6 dan No 15 Skn. Pelaksanaan latihan ini untuk menguji tahap kompetensi juruterbang pesawat Hawk serta “ground crew” dan juga menguji kesiagaan aset-aset TUDM yang terlibat,” tulis akun twitter TUDM.

Roni Sontani

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *