Tyndall AFB pangkalan udara USAF pertama yang akan dijaga oleh pasukan anjing robot

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Era teknologi tak berawak telah merambah semua matra, baik darat, laut, dan udara. Kali ini, perusahaan Ghost Robotics yang berbasis di Philadelphia menciptakan robot menyerupai anjing (robot dogs) untuk menjaga pangkalan angkatan udara.

Tyndall Air Force Base di Florida, Amerika Serikat menjadi pangkalan angkatan udara pertama yang dipilih untuk mendapatkan anjing-anjing robot ini. Sang robot akan melaksanakan patroli semi otonom di kompleks seluas 38 kilometer persegi.

Sebelumnya, prototipe anjing robot ini telah menjalani pengujian di Pangkalan Angkatan Udara Nellis, Nevada pada September lalu. Hasilnya, terbukti mampu melaksanakan peran dukungan dan pengintaian.

Digunakannya pasukan anjing robot, kata USAF, bukan sepenuhnya untuk menggantikan peran anjing penjaga yang sesungguhnya. Melainkan, robot-robot berkaki empat ini akan menjadi pelengkap pasukan anjing.

Fungsinya, adalah untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di kompleks pangkalan.

“Anjing robot ini akan digunakan sebagai pengganda kekuatan untuk meningkatkan kesadaran situasional dengan berpatroli di area yang tidak dapat dimasuki manusia atau kendaraan,” kata Mayor Jordan Criss, Komandan Skuadron Pasukan Keamanan ke-325 Tyndall AFB.

robot dogUSAF

Anjing robot dilengkapi dengan sensor dan kamera. Dia akan menelusuri jalur patroli yang dipantau oleh personel operatornya. Robot darat ini terlebih dahulu akan diberi program untuk melaksanakan patroli ke sekeliling pangkalan dan hanya dikontrol pada saat-saat tertentu saja.

Saat ini anjing-anjing robot tersebut masih bersifat semi-otonom. Akan tetapi, kata CEO Ghost Robotics Jiren Parikh, robot-robot ini dapat dipasangi berbagai aplikasi sehingga mereka dapat melakukan penjelajahan sendiri.

“Mereka akan dilengkapi dengan berbagai sensor, kamera, termasuk sensor termal dan inframerah untuk penglihatan pada malam hari. Bisa juga dipasangi sensor gas,” jelasnya.

Selain itu, operator robot dapat menyampaikan pesan verbal kepada manusia  yang berada di dekat robot melalui radio yang terpasang padanya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *