Russian Helicopters luncurkan program uji operasi Mi-8/171 di Indonesia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Russian Helicopters (bagian dari Rostec) melalui anak perusahaannya Ulan-Ude Aviation Plant (U-UAP) meluncurkan program uji operasi helikopter Mi-8/171 di Indonesia.

Pengujian bertujuan untuk menilai semua keuntungan dari operasi nyata helikopter dengan semua alat dukungan perusahaan yang tersedia dan layanan purna jual dari perusahaan induk Russian Helicopters.

Proyek percontohan yang dilaksanakan di Indonesia menggunakan dua helikopter Mi-8AMT dan sudah terlibat dalam operasi pemadaman kebakaran.

Kedua helikopter yang dikirim ke Indonesia berikut awak dan staf teknis dari U-UAP ini ditempatkan di Kalimantan untuk melaksanakan pemadaman kebakaran hutan.

Nantinya, helikopter-helikopter ini akan menjalankan operasi yang sama di Pulau Sumatera dan juga Kalimantan.

Direktur Pelaksana U-UAP Leonid Belykh mengatakan, pengoperasian kedua helikopter di Indonesia dilaksanakan melalui kontrak dengan PT National Utility Helicopters (PT NUH).

“Kontrak dengan PT National Utility Helicopters (PT NUH), salah satu operator helikopter utilitas di Indonesia dengan pengalaman 50 tahun dalam memberikan layanan bagi Pemerintah Indonesia maupun perusahaan swasta, menjadi pilot project program ini,” kata Belykh seperti ditulis dalam siaran berita yang diterima Airspace Review.

Selain melaksanakan operasi pemadaman kebakaran, lanjut Belykh, Russian Helicopters juga memberikan layanan konsultasi mengenai pembentukan armada udara oleh operator Indonesia untuk operasi pemadam kebakaran tahunan.

Juga dikatakan, dalam proses penggunaan helikopter sementara, pelanggan mendapat kesempatan untuk berkonsultasi dengan spesialis perusahaan dalam mode 24/7, akses ke dana pengganti, dan dana peralatan tambahan.

Mi-8 BNPBRussian Helicopters

Perlu diketahui, kata Russian Helicopters, salah satu helikopter Mi-171A2 pertama yang diproduksi oleh U-UAP sejak 2018 telah berpartisipasi dalam program operasi uji coba di maskapai UTair-VU dengan dan berhasil menunjukkan kinerja penerbangan yang tinggi.

Ditambahkan, pengalaman kerja sama pabrikan dan pelanggan tercermin dalam program operasi uji helikopter U-UAP untuk Indonesia.

Helikopter Mi-8/171 telah lama terlibat dalam operasi bantuan bencana tidak hanya di Rusia, tetapi juga di luar negeri.

Helikopter-helikopter ini telah membuktikan diri sebagai salah satu wahana paling efektif dalam operasi pemadaman kebakaran, pengiriman obat-obatan medis, evakuasi korban, angkutan penumpang, maupun angkutan kargo ke daerah-daerah yang sulit dijangkau.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *