Embraer serahkan enam A-29 Super Tucano kepada AU Filipina

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Embraer secara resmi telah menyerahkan enam A-29 Super Tucano kepada Angkatan Udara Filipina (PAF). Penyerahan pesawat serang ringan tersebut dilaksanakan di Clark Air Base pada 14 Oktober 2020.

Kelompok pesawat pertama terdiri dari empat A-29 tiba di Filipina pada 19 September 2020, sementara dua unit pesawat lainnya tiba menyusul pada 1 Oktober.

PAF, menurut keterangan yang disampaikan sebelumnya, akan menggunakan pesawat ini untuk fungsi dukungan udara dekat, serang ringan, pengawasan udara, pencegatan, kontra gerilya, dan juga sebagai pesawat latih lanjut.

Keenam pesawat tersebut ditempatkan di Wing Serang ke-15.

Filipina memesan enam A-29 Super Tucano dari Embraer, Brasil pada 2017 senilai 102 dolar AS. Pembelian ini sebagai bagian dari program modernisasi kekuatan PAF.

Super Tucano hingga saat ini telah digunakan oleh 15 Angkatan Udara di dunia. Amerika Serikat turut membeli pesawat ini dan menghibahkannya kepada Afganistan.

Total AS telah mendonasikan 18 unit A-29 kepada AAF sejak 2016 dan berencana menambah enam unit lagi pada Februari tahun depan.

Embraer bekerja sama dengan Sierra Nevada Corporation (SNC) dari Amerika Serikat dan membangun fasilitas jalur produksi di AS untuk memperluas pasarnya.

A-29 memiliki keunggulan dapat membawa beragam persenjataan termasuk munisi-munisi berpemandu.

Biaya operasionalnya rendah dan sangat cocok digunakan untuk mendan-medan konflik intensitas rendah.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *