India tertarik untuk membeli Divisi Pesawat Komersial Brasil

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah India tertarik untuk membeli Divisi Pesawat Komersial Embraer dari Brasil, kata seorang pejabat senior pemerintah India seperti ditulis Business Standard India menindaklanjuti pemberitaan Reuters.

Hal itu sesuai dengan rencana Brasil untuk menjangkau China maupun India sebagai kemungkinan mitra baru setelah keluarnya Boeing dari ikatan kerja sama penerbangan komersial dengan Embraer senilai 4,2 miliar dolar AS.

Salah satu pengaturan yang sedang dipertimbangkan pemerintah adalah kesepakatan dana kekayaan negara (sovereign wealth fund) untuk membiayai bisnis tersebut.

Pejabat tersebut menyatakan bahwa kepentingan India telah dikomunikasikan kepada pemerintah Brasil.

India berkeinginan tidak hanya mengembangkan industri pertahanan, tetapi juga mengembangkan industri pasar sipil yang besar.

Pemerintah Brasil walau bukan pemilik Embraer, memiliki hak veto atas perusahaan publik Embraer melalui golden share (pembagian keuntungan tanpa menyetor modal).

Divisi komersial pesawat Embraer mengalami penurunan pendapatan di masa pandemi COVID-19 dan mencatatkan kerugian sebesar 315 juta pada kuartal April-Juni 2020.

Juru Bicara Kedutaan Besar Brasil di India mengatakan, pemerintah Brasil akan mendukung setiap kontribusi Embraer bagi penguatan hubungan bilateral dengan India.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *