Mesin terbesar sejagat untuk Boeing 777X sudah mendapat sertifikasi FAA

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – General Electric Aviation mengumumkan bahwa mesin turbofan GE9X untuk keluarga Boeing 777X telah mendapatkan sertifikasi dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA). Mesin ini merupakan mesin pesawat terbesar sejagat yang pernah dibuat.

Sebelum mendapatkan sertifikasi dari FAA, seuai FAR (Federal Aviation Regulation) Part 33, uji coba dilaksanakan terhadap delapan mesin dan telah menyelesaikan 5.000 jam serta 8.000 putaran.

Selanjutnya, mesin GE9X dengan diameter 3,4 m akan menjalani pengujian sebanyak 3.000 putaran di darat untuk mendukung persetujuan ETOPS (extended operations).

Pengujian lain yang dilakukan adalah uji ketegangan (stress tests).

Mesin GE9X yang akan digunakan untuk mendukung sertifikasi empat prototipe 777X, saat ini telah dikirimkan oleh GE Aviation kepada fasilitas Boeing di Seattle.

Meski berukuran paling besar, GE9X ternyata memiliki 10% konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) yang lebih lebih rendah serta 5% SFC lebih baik dibandingkan dengan mesin di kelasnya, yakni GE90-115B.

Boeing 777X terbang perdanaBoeing

Boeing 777X WH001 makes its first flight at Paine Field in Everett, Washington on January 25, 2020.

Selain itu, kata GE Aviation, mesin ini juga memiliki tingkat emisi polusi yang lebih rendah dibanding mesin-mesin lainnya.

Hingga saat ini GE Aviation telah mengantongi pesanan dan komitmen dari para pelanggan untuk 600 unit mesin GE9X.

GE Aviation menggandengan sejumlah parbikan dalam pembuatan mesin ini, termasuk IHI Corporation, Safran Aircraft Engines, Safran Aero Boosters, dan MTU Aero Engines AG.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *