MiG-31 dan Su-35S kawal B-1B Lancer di Atas Laut Bering dan Laut Okhotsk

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat tempur pencegat MiG-31 Foxhound dan Su-35S Flanker-E milik Angkatan Kedirgantaraan Rusia (VKS) dari Distrik Militer Timur melakukan pengawalan (escorting) terhadap pembom strategis Amerika Serikat B-1B Lancer di atas Laut Bering dan Laut Okhotsk.

Kementerian Pertahanan Rusia pada 15 September 2020 mengatakan, pengawalan dilaksanakan usai pertahanan udara Rusia menangkap sasaran tak di kenal di atas perairan netral di atas Laut Berengov yang terbang menuju ke wilayah kedaulatan udara Rusia.

Untuk memastikan sasaran udara yang terdeteksi tersebut, VKS pun mengerahkan jet-jet tempur MiG-31 dan Su-35S.

Setelah terbang mendekati target, dipastikan bahwa sasaran udara tersebut adalah sebuah pembom strategis B-1B Lancer milik Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF).

Penerbangan pengawalan dilaksanakan sampai pesawat pembom AS tersebut menjauh dan kembali menuju pangkalan asalnya.

Sementara itu, sehari sebelumnya Rusia juga mengerahkan empat jet tempurnya, terdiri dari 2 Su-27 dan 2 Su-30 untuk mencegat sebuah pembom strategis B-52H Stratofortress di atas Laut Hitam yang terbang mengarah ke wilayah kedaulatan udara Rusia.

Akhir-akhir ini frekuensi pencegatan terhadap pesawat-pesawat asing oleh jet-jet tempur Rusia meningkat seiring meningkatnya pula target-target udara yang terdeteksi oleh radar sistem pertahanan udara Rusia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *