Rusia dan India siapkan rudal jelajah BrahMos pelahap pesawat AWACS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia dan India menyiapkan proyek rudal jelajah hipersonik BrahMos yang dapat digunakan untuk menghancurkan pesawat AWACS (airborne warning and control systems). Sejauh ini, rudal yang namanya merupakan gabungan dari dua nama sungai yaitu Brahmaputra dan Moskva ini dirancang sebagai rudal jelajah supersonik penghancur target di darat dan di laut.

BrahMos (dengan kode PJ-10) yang telah dibuat dapat diluncurkan dari kapal selam, kapal laut permukaan, wahana peluncur darat, dan pesawat untuk basis peluncuran dari udara.

Khusus untuk BrahMos-A (versi Angkatan Udara) telah berhasil diuji coba pertama kali menggunakan jet tempur Su-30MKI terhadap sasaran laut di Teluk Bengal pada 22 November 2017.

Sebanyak 40 jet tempur Angkatan Udara India (IAF) kemudian menjalani modifikasi agar dapat membawa dan meluncurkan rudal jelajah dengan jangkauan hingga 400 km ini.

Pada 20 Januari 2020, IAF mengumumkan bahwa satu skadron Su-30MKI yang dilengkapi dengan rudal PJ-10 BrahMos-A telah siap operasional.

Sementara seri rudal BrahMos II yang akan dikembangkan ini, adalah untuk menghancurkan sasaran di udara. Target utama adalah adalah pesawat AWACS.

Direktur Usaha Rusia, Alexander Maksichev di sela Pameran Pertahanan Maritim Internasional di St. Petersburg seperti dikutip Sputnik mengatakan, rudal BrahMos penghancur AWACS akan siap diluncurkan pada 2024.

BrahMos pada pesawat TejasIHS Markit/Rahul Udoshi

Sebelumnya, ia juga mengatakan bahwa pesawat tempur ringan buatan India, HAL Tejas, akan disiapkan untuk dapat membawa rudal ini.

Platform rudal BrahMos baru, kata Maksichev, bentuknya kemungkinan sama dengan rudal yang telah dibuat, namun akan menggunakan seeker yang berbeda.

Usaha patungan BrahMos Aerospace didirikan oleh India dan Rusia pada 1998. Rudal BrahMos merupakan pengembangan lebih lanjut dari rudal P-800 Oniks buatan Rusia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *