Hawkei PMV-L siap diproduksi penuh untuk Angkatan Pertahanan Australia

Hawkei PMV-L-EOS-RWS-TrialJim Cowie

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kendaraan taktis Hawkei Protected Mobility Vehicle-Light (PMV-L) berpenggerak roda empat siap diproduksi penuh untuk Angkatan Pertahanan Australia (ADF). Kendaraan ringan lapis baja yang diproduksi oleh Thales di Bendigo, Victoria ini akan menggantikan Land Rover Perentie.

Hawkei 4X4 merupakan kendaraan generasi baru berbobot 7 ton dan mampu membawa muatan sebanyak 3 ton.

Kendaraan in merupakan satu-satunya kendraan mobilitas lapis baja di inventori ADF yang dapat diangkut menggunakan helikopter milik ADF.

Kendaraan dapat difungsikan untuk pergerakan pasukan, komando dan kontrol (C2), peperangan elektronik (EW), penghubung, maupun pengawasan dan pengintaian.

Hawkei juga dapat dilengkapi dengan stasiun senjata untuk senapan mesin kaliber 5,56 mm hingga 12,7 mm serta peluncur granat.

Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds kepada media mengatakan, Hawkei telah menunjukkan performa yang baik selama pengujian balistik dan ledakan yang komprehensif. Kendaraan ini memenuhi persyaratan ketat Kementerian Pertahanan dalam hal perlindungan.

Hawkei-Production-Line

β€œIni adalah kemampuan yang sangat efektif dalam kemitraan antara Pertahanan dan industri yang dibangun dari basis Bushmaster buatan Thales yang ikonik dan sangat sukses dalam operasi di luar negeri serta diekspor ke seluruh dunia,” ujar Reynolds.

Di bawah proyek LAND 121 Phase 4, sebanyak 1.100 unit Hawkei dan 1.058 kendaraan trailer akan dikirimkan ke ADF mulai pertengahan tahun depan.

Disebutkan, pabrik Thales di Bendigo mampu mengerjakan 50 Hawkei per bulan hingga pertengahan tahun 2022.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *