Dikirim menggunakan kapal, F-39 Gripen E akan tiba di Brasil akhir September

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat tempur F-39 Gripen E (Saab Gripen E) pesanan Brasil sedang dalam pengiriman menggunakan kapal laut dari Swedia. Dijadwalkan, Gripen NG berkursi tunggal ini akan tiba di Brasil pada akhir September tahun ini.

Komandan Jenderal Pendukung (Logistik) Angkatan Udara Brasil (FAB), Letnan Brigadir Udara Carlos de Almeida Baptista Junior, menuliskan hal itu di akun twitter-nya, Selasa (1/9/2020).

F-39 dibawa menggunakan kapal Elke. Kapal tersebut, tulisnya, akan berlabuh di Pelabuhan Navegantes, Santa Catarina, Brasil.

Setibanya di sanan nanti, seperti diberitakan Cavok, pesawat akan dibawa menggunakan truk ke Bandara Internasional Ministro Victor Konder. Dari bandara ini F-39 akan diterbangkan ke Gavião Peixoto, di pedalaman São Paulo untuk melanjutkan penerbangan uji di sana.

Di tempat tersebut, selain terdapat pabrik Embraer, juga terdapat Pusat Desain dan Pengembangan Saab Gripen (GDDN) sebagai pusat transfer teknologi pengembangan Gripen untuk FAB dari Swedia ke Brasil.

Pada 23 Oktober 2020, dijadwalkan F-39 akan melakukan penerbangan dalam perayaan Hari Penerbang di negeri itu.

Brasil membeli 36 Gripen NG dari Swedia, terdiri dari 28 Gripen E dan 8 Gripen F. Gripen E akan diserahkan mulai tahun 2021, sementara Gripen F akan diserahkan mulai 2023.

Di FAB, Gripen E/F berganti kode menjadi F-39E/F.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *