Mayor Cristiano Peres, pilot pertama AU Brasil yang menerbangkan Gripen E

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Mayor Penerbang Cristiano de Oliveira Peres menjadi pilot pertama Angkatan Udara Brasil (FAB) yang berhasil menerbangkan jet tempur Gripen E. Pesawat tersebut dibeli oleh pemerintah Brasil dari Swedia.

Cristiano Peres yang merupakan pilot uji di FAB, pertama kali menerbangkan Gripen E pada 20 Agustus 2020. Penerbangan dilaksanakan selama 49 menit di atas perairan Laut Baltik.

Sebelumnya, sejak Januari 2020 ia telah ditempatkan di fasilitas Saab di Linköping, Swedia untuk menjalani berbagai tes dan mengikuti pendidikan pilot Gripen menggunakan simulator.

Di Swedia, kata Saab dalam rilis berita perusahaan, Cristiano menjalani serangkaian latihan kualifikasi. Mulai dari uji sentrifugal 9G, pelatihan konversi menggunakan Gripen D, hingga pelatihan teknik uji terbang khusus pesawat Gripen.

Penerbangan-Gripen-E-pertama-oleh-pilot-Brasil
Saab

Seperti diketahui, pemerintah Brasil telah membeli 36 unit Gripen Next Generation (NG) buatan pabrik Saab, Swedia melalui kontrak pada tahun 2014. Ke 36 pesawat terdiri dari 28 Gripen E (kursi tunggal) dan 8 Gripen F (kursi tandem).

Berdasarkan kontrak tersebut, pengiriman pertama Gripen E kepada Brasil akan dimulai tahun depan hingga selesai pada 2023.

Setelah ini, Cristiano akan bergabung dengan tim uji penerbangan Gripen di Linköping sebagai wakil dari FAB.

Ia juga ikut berperan dalam proses evaluasi operasional pesawat Gripen yang akan dikirimkan kepada Brasil ini.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *