Seri produksi pertama Su-57 Felon menarik perhatian media

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Rusia memperlihatkan foto-foto seri produksi pertama jet tempur generasi kelima Rusia, Su-57 (NATO: Felon) di fasilitas Komsomolsk-on-Amur Aviation Plant (KnAAZ), Rusia Timur Jauh.

Saat itu, 12 Agustus 2020, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengunjungi KnAAZ untuk melihat fasilitas yang ada guna meningkatkan kapasitas produksi pesawat di pabrik ini sekaligus melengkapi peralatan-peralatan produksi yang dibutuhkan.

Kementerian Pertahanan Rusia telah memesan 76 unit Su-57 untuk Angkatan Kedirgantaraan Rusia (VKS) hingga tahun 2028.

Seri produksi pertama Su-57 awalnya akan diserahkan pada awal tahun 2020, namun pesawat jatuh saat melaksanakan penerbangan pada 24 Desember 2019. Pilot selamat dalam kecelakaan tersebut.

Sebagai gantinya, KnAAZ akan menyerahkan seri produksi Su-57 pertama pada akhir tahun ini.

Sergei-Shoigu-tinjau-fasilitas-produksi-Su-57
Russian MoD

Untuk diketahui, di KnAAZ (anak perusahaan Sukhoi, bagian dari United Aircraft Corporation/UAC) diproduksi sejumlah pesawat seperti Su-27SM/SKM, Su-30MK2, Su-33, Su-27KUB, Su-57, pesawat amfibi Be-103, dan lainnya.

Foto yang terlihat dalam kunjungan Shoigu ke KnAAZ, adalah pesawat dengan kode pabrik T-50S-2 dan nomor seri pabrik 51002.

Analisis sementara berdasarkan foto-foto, seperti ditulis oleh The Drive, pesawat ini memperlihatkan beberapa desain yang sedikit berbeda dibandingkan dengan produksi 10 unit flyable prototype yang telah digunakan oleh VKS, terutama pada bagian sayapnya.

Dalam foto terlihat perangkat 101K-SV infrared search-and-track (IRST) di bagian hidung. Kemudian perangkat probe pengisian bahan bakar di udara, dan material komposit pada radome hidung yang belum diberi cat.

produksi Su-57
UAC

Flap pesawat ini terlihat lebih besar dan juga sayap canard yang menekuk penuh. Cat pada bagian belakang pesawat memperlihatkan skema Su-57 yang diberi kamuflase fiksel digital.

Kemudian tampak sedikit perbedaan pada desain lubang masukan udara di bagian bawah leading edge.

Kehadiran Su-57 Felon seri produksi pertama sangat ditunggu berbagai pihak. Seri produksi merupakan penyempurnaan dari seri prototipe yang telah menjalani berbagai pengujian.

Roni Sontani

One Reply to “Seri produksi pertama Su-57 Felon menarik perhatian media”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *