MC-21-300 telah menjalani uji proteksi air di landasan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat komersial MC-21-300 buatan Irkut Corporation, anak perusahaan UAC (bagian dari Rostec State Corporation) telah melaksanakan uji proteksi air di landasan. Uji ini untuk memastikan pesawat tetap dapat beroperasi saat terkena air di landasan.

Untuk mendukung pengujian, landasan pesawat di Ulyanovsk-Vostochny dibuat menjadi “kolam” dengan panjang 70 m dan lebar 20 m.

Parameter kedalaman dan banyaknya air disesuaikan dengan kondisi kedalaman normal sesuai aturan dari penerbangan di Rusia maupun dunia.

Di “kolam” yang sudah disediakan itu, MC-21-300 melaksanakan uji “lari”di air dengan beragam kecepatan tertentu dan mode mesin termasuk penggunaan thrust reveser.

Uji ini untuk memastikan bahwa selama pergerakan pesawat, air tidak mengganggu kerja mesin, elemen rangka, sistem, dan peralatan pesawat.

Pengujian ini direkam menggunakan peralatan di pesawat dengan kamera pengamatan di landasan dan di pesawat. Pengujian dimonitor langsung oleh para perwakilan dari pusat sertifikasi, para spesialis, dan dari Irkut Corporation.

Irkut MC-21 merupakan pesawat komersial lorong tunggal rancangan Biro Desain Yakovlev yang diproduksi oleh Irkut Corporation. Varian MC-21-300 diluncurkan pada 8 Juni 2016 dan mengudara perdana pada 28 Mei 2017.

MC-300 berkapasitas angkut 132-163 penumpang dalam dua konfigurasi kelas kabin atau 165-211 dalam satu kelas kabin.

Pesawat dapat terbang dengan jangkauan mencapai 6.000-6.400 km. Hingga saat ini, Irkut telah mengantongi 175 pesasnan pasti.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *