Airbus tawarkan H145M untuk pasukan khusus Australia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Airbus menawarkan helikopter H145M sebagai heli pendukung tim pasukan khusus Angkatan Darat Australia. Dengan diajukannya heli ini, maka H145M akan bersaing dengan heli komersial Bell 429 yang akan dimodifikasi menjadi versi militer oleh Bell dan Babcock Australia.

Pesaing lain yang kemungkinan akan mengajukan andalannya adalah Boeing dengan AH-6i Little Bird dan MD Helicopters dengan MD530G. Disebut-sebut, Leonardo juga akan ikut dalam kompetisi ini.

Seperti diberitakan Defense News, Angkatan Pertahanan Australia sedang mencari helikopter kelas 4 ton untuk mendukung pasukan khusus Angkatan Darat. Heli ini secara khusus akan digunakan untuk mendukung misi/peran kontraterorisme domestik.

Australia disebut telah merencanakan pembelian 16 unit heli jenis ini. Heli diharapkan dapat memberikan dukungan serangan udara bagi tim kecil dalam pasukan khusus.

Fungsi lainnya adalah untuk mendukung peran intelijen, pengawasan dan pengintaian, dan penggunaan umum.

Sebanyak empat unit kelas ini dapat diangkut menggunakan pesawat C-17A Globemaster III untuk ditempatkan secara cepat dari pangkalan Resimen Penerbangan keenam Angkatan Darat Australia di Holsworthy, di luar Sydney.

Resimen tersebut saat ini mengoperasikan MRH-90 Taipan buatan NHIndustries untuk mendukung pasukan khusus Australia.

Roni Sontani

One Reply to “Airbus tawarkan H145M untuk pasukan khusus Australia”

  1. Belilah produk indonesia yg sudah teruji yang melebihi kemampuan helikopter yg di atas rata dan anda mendapat keuntungan yg fantastik dan akuratis diam, senyap dan sangat rahasia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *