Unik, Russian Knights terbang formasi menggunakan tiga tipe pesawat

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Satu keluarga pesawat Flanker, namun dengan tiga tipe berbeda. Itulah yang digunakan oleh Tim Aerobaik Angkatan Kedirgantaraan Rusia, Russian Knights, dalam suatu formasi penerbangannya.

Dikatakan unik, karena walau sama-sama berklan Flanker, namun ketiganya adalah dari tipe berbeda yaitu Su-27, Su-30SM, dan Su-35S.

Ketiga tipe pesawat tersebut, saat ini memang digunakan oleh Russian Knights.

Seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan Kementerian Pertahanan Rusia (3/7/2020), ketiga pesawat para Kesatria Rusia tersebut, sedang melaksanakan latihan penerbangan aerobatik di Pangkalan Udara Kubinka, luar kota Moskow.

Russian Knights
Russian MoD

“Ini adalah formasi pertama kali, tiga tipe pesawat berbeda terbang dalam satu formasi di tim Russian Knights,” jelas Kementerian Pertahanan.

Dalam latihan itu, para pilot melakukan manuver sharp turns, oblique loops, nose-up, half split-s, dan manuver-manuver lain yang serasi dalam jarak yang sangat dekat. Jaran antara masing-masing pesawat berkisar tiga meter.

Russian Knights_Su-35_AR
Russian MoD

Pertunjukan latihan aerobatik, diakhiri dengan manuver tunggal oleh leader Russian Knights, Kolonel Andrew Alekseev.

Alekseev memeragakan manuver tail-dive, barrell roll, low-speed passage, dan manuver-manuver ekstrem lainnya menggunakan Su-35S.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *