Letda Kal Dewa Ayu, Load Master Wanita Pertama TNI AU

AIRSPACE REVIEW(airspace-review.com) – Setelah memiliki penerbang tempur wanita pertama, saat ini TNI Angkatan Udara juga telah memiliki Load Master wanita pertama dalam sejarahnya.

Adalah Letda Kal Dewa Ayu Ardikna Suari, S.Tr.(Han) yang mencatatkan prestasi membanggakan ini seusai pendidikannya secara resmi ditutup oleh Komandan Wing Udara 1 Kolonel Pnb Fata Patria.

Penutupan pendidikan yang berlangsung di Hanggar Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma dini dipimpin Danwing Udara I mewakili Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Dr. Ir. Purwoko Aji Prabowo, M.M., M.D.S., pada Rabu (24/6/2020).

Letda Kal Dewa Ayu Ardikna Suari, S.Tr.(Han) merupakan perwira lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2017. Ia kelahiran Gianyar, Bali 25 tahun silam. Anak ketiga dari pasangan I Dewa Gde Sudiasa (alm) dan I Gusti Ayu Taman Sari ini saat ini menjabat sebagai Ps. Ka TB Subsikal Sihar Skadron Udara 2, Lanud Halim Perdanakusuma.

Ditanya tentang bagaimana perasaannya sebagai load master wanita TNI AU pertama, ia mengatakan rasa rasa bangganya. Karena, untuk menjadi seorang load master merupakan sebuah hal yang tidak semua orang bisa dapatkan.

“Saya juga bersyukur karena telah diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Tuhan serta dukungan dari keluarga dan para senior yang mendukung saya dari awal mengikuti tes seleksi sampai dengan penutupan Pendidikan. Tanpa restu dari Tuhan, orang tua dan kakak saya serta dukungan dari para senior, saya tidak mungkin bisa menjadi seorang load master seperti saat ini,” ujarnya seperti diberitakan oleh bagian Penerangan Lanud Halim Perdanakusuma (Halim Perdanakusuma AFB).

Letda Kal Dewa Ayu menerangkan, selama kurang lebih tiga bulan ia bersama siswa lain mengikuti pendidikan yang terbagi dalam dua tahap, yaitu ground school atau bina kelas selama dua bulan dan praktik atau bina terbang selama satu bulan. Seluruh pendidikan di Halim Perdanakusuma.

“Meskipun ada sedikit kendala dengan adanya COVID-19, tidak menyurutkan semangat kami untuk terus belajar dan menyerap ilmu dari para instruktur, sehingga pendidikan dapat berjalan dengan lancar,” ujarnya.  

Ia berharap, ke depannya selalu diberikan kemudahan dan kelancaran oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam melaksanakan misi penerbangan. Kemudian, akan ada generasi penerus load master wanita berikutnya dari para junior-juniornya.

“Setiap orang pasti memiliki kelebihannya masing-masing. Jadi tetaplah berprestasi di mana pun kalian berada dan di bidang apapun, tentunya untuk hal-hal yang positif, serta selalu jaga nama baik Wara (Wanita Angkatan Udara) dan TNI AU,” pesannya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *