Bantu cegah kebakaran selama 4 bulan, Rusia kirim 2 Be-200ES ke Turki

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia telah mengirimkan dua pesawat amfibi Beriev Be-200ES ke Turki untuk membantu pencegahan kebakaran selama empat bulan ke depan. Pesawat berikut awaknya dari Rusia ini akan melaksanakan tugasnya di Antalya, Izmir, dan Bodrum.

Kedua pesawat pemadam kebakaran yang juga berfungsi sebagai pesawat SAR dan pesawat patroli maritim ini telah tiba di Turki pada 16 Juni.

United Aircraft Corporation (UAC), bagian dari Rostec, dalam penjelasannya mengatakan, kedua pesawat telah tiba di Turki pada 16 Juni.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerja sama dari UAC, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Rusia, Kementerian Situasi Darurat Rusia, dan dukungan aktif dari perwakilan Rostec di Ankara.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian dan Kehutanan Turki telah meminta bantuan kepada Rusia untuk memerangi dan mencegah kebakaran hutan di musim panas mendatang.

Direktur Jenderal UAC, Yury Slyusar, menyatakan Be-200 merupakan pesawat amfibi buatan Rusia yang memiliki kinerja tinggu dan fitur yang unik. Pesawat ini telah membuktikan efektivitasnya dalam penanggulangan kebakaran dan penyelamatan di kawasan Eropa dan Asia Tenggara beberapa waktu lalu.

“Melalui kerja sama dengan mitra kami dari Turki, ini menunjukkan bahwa kami memiliki potensi besar untuk membina kerja sama, termasuk pengiriman pesawat untuk memperbarui armada pemadam kebakaran milik Turki,” ujar Slyusar.

Sebelum ini, Be-200ES turki ditampilkan di pameran kedirgantaraan MAKS-2019 dan di Teknofest Turki pada tahun yang sama.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *