Kapal selam nuklir K-549 Knyaz Vladimir resmi masuk dinas AL Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kapal selam nuklir Borei-A class terbaru, K-549 Knyaz Vladimir, telah resmi masuk dalam dinas militer Angkatan Laut Rusia. Peresmian kapal selam dengan bobot 24.000 ton saat menyelam ini, berbarengan dengan perayaan “Russia Day” pada Jumat, 12 Juni 2020.

Kementerian Pertahanan Rusia seperti diberitakan Reuters menyatakan, kapal selam Project 955A Knyaz Vladimir akan meningkatkan kekuatan Rusia di bidang pertahanan maritim menghadapi berbagai ancaman.

Monster besi bawah laut ini mampu membawa rudal-rudal nuklir antarbenua, RS-56 Bulava.

Proyek kapal selam Borei-class (NATO: Borei) dijalankan tahun 1996, setelah keruntuhan Uni Soviet yang mewariskan Rusia sebagai penerusnya.

Project 955A dibangun oleh Biro Desain Rubin dengan Sergey Kovalev sebagai kepala desainer. Kontrak pengadaan lima kapal selam Borei-A tandatangani oleh Kementerian Pertahanan dengan United Shipbuilding Corporation pada 28 Mei 2012.

Knyaz Vladimir merupakan kapal pertama dari lima unit yang dibangun dalam proyek ini. Pembuatan konstruksi kapal dilaksanakan di galangan kapal Sevmash.

Project 955A (Borei-A) dibuat sebagai versi peningkatan dari Project 955 (Borei). Kapal selam terbaru ini akan menggantikan peran kapal selam Delta dan Typhoon di AL Rusia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *