Modernisasi terbanyak dalam sejarah, USAF akan upgrade 608 unit F-16

USAF F-16 ScreencapScreencap

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Umur pakai jet tempur F-16 dipastikan akan makin panjang. Pasalnya, Angkatan Udara AS (USAF) saat ini sedang melaksanakan program memodernisasi 608 unit jet tempur F-16 Block 40 dan 50 miliknya senilai 6,3 miliar dolar AS.

Pesawat akan menjalani 22 hal modifikasi yang dirancang untuk meningkatkan daya mematikan guna memastikan pesawat tempur generasi keempat tetap efektif melawan ancaman saat ini dan masa mendatang.

Direktorat Pesawat dan Jet Tempur Canggih dari Air Force Lifecycle Management Center menjadi pemimpin pelaksana proyek ini.

Salah satu peningkatan F-16 USAF adalah integrasi radar Active Electronically Scanned Array (AESA), Link 16, sistem komunikasi medan perang, modernisasi kokpit dan komputer misi utama, dan jaringan data berkecepatan tinggi.

Selain itu, pesawat tempur F-16 akan menerima kemampuan peperangan elektronik mutakhir dan upgrade perangkat komunikasi, unit tampilan pusat, generator data yang dapat diprogram, serta berbagai komponen perangkat keras utama lainnya.

USAF mengatakan, saat ini beberapa modifikasi sudah dimulai dan akan berlanjut selama beberapa tahun ke depan.

Disebut, upaya ini merupakah hal yang sangat penting bagi Angkatan Udara AS.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *