Birdstrike, kemungkinan penyebab jatuhnya pesawat CT-114 tim aerobatik Snowbirds

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Birdstrike atau tabrakan dengan burung, menjadi salah satu kemungkinan penyebab jatuhnya pesawat jet mesin tunggal, CT-114 Tutor, milik tim aerobatik Angkatan Udara Kanada, Snowbirds pada 17 Mei 2020 lalu.

Salah satu tayangan video sebelum kecelakaan terjadi, seperti dilaporkan CBC (Canadian Broadcasting Corporation), memperlihatkan adanya seekor burung berada di dekat lubang masukan udara ke mesin pesawat CT-114 yang baru saja lepas landas.

Musibah di hari Minggu tersebut telah merenggut nyawa Kapten Jennifer Casey, mantan penyiar radio yang menjadi perwira penerangan tim Snowbirds.

Sementara Kapten Richard MacDougall yang mengemudikan pesawat selamat dari maut dan hanya mengalami luka-luka ringan.

Sebelum pesawat CT-114 jatuh menghujam ke bumi di Kamloops, British Columbia, Kanada kedua awak pesawat berhasil melepaskan diri dari kokpit. Namun, ketinggian pesawat sudah sangat rendah.

Kemungkinan terjadinya birdstrike pada kecelakaan tersebut, dilaporkan oleh tim investigasi kecelakaan Angkatan Udara Kanada pada 1 Juni lalu.

Greg Kolz/Postmedia/Ottawa Citizen

“Analisis terperinci tentang rekaman video yang ditemukan untuk penyelidikan mengungkapkan, adanya seekor burung yang berada dekat dengan lubang masukan udara ke mesin pesawat di sebelah kanan selama fase kritis lepas landas,” ujar pernyataan tim investigasi.

Ditambahkan, walaupun masih ada kemungkinan dari faktor-faktor lainnya, penyelidikan terhadap faktor-faktor lingkungan (birdstrike) ini sedang difokuskan.

Di luar faktor itu, ada juga pertanyaan yang menyoroti penggunaan pesawat CT-114 yang dinilai sudah terlalu tua. Kemudian mengenai keandalan kursi lontar yang digunakan pada pesawat tersebut.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *