USAF geser satu skadron F-35A dari Hill AFB ke Al Dhafra UEA, ada apa?

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) telah menggeser kekuatan satu skadron F-35A Lightning II dari Wing Tempur ke-388 dan Wing Tempur ke-419 (Komponen Cadangan Udara) yang berada di Hill Air Force Base, Utah ke Pangkalan Udara Al Dhafra di Uni Emirat Arab.

Pergeseran telah dilaksanakan sejak 20 Mei lalu, kata Wing Tempur ke-388 dalam cuitan di akun twitternya dan diberitakan di laman Air Force Times pada Senin (1/6).

Penempatan pilot-pilot F-35 berikut para teknisinya dari Skadron tempur ke-421 tersebut, menandai ketiga kalinya USAF menempatkan F-35 di UEA dalam satu tahun terakhir.

Di Hill AFB sendiri, USAF memiliki 78 unit F-35A. Skadron Tempur ke-421 pertama kali menerima F-35A pada Desember 2018.

USAF tidak menjelaskan secara rinci maksud dari penempatan kawanan jet-jet siluman F-35A untuk ketiga kalinya di pangkalan udara di kawasan Timur Tengah ini.

Namun, misi penugasan F-35A ke luar negeri berikut para tim pendukungnya merupakan hal rutin yang biasa dilaksanakan oleh USAF. Pengerahan ini juga biasanya berkaitan dengan pergantian kekuatan yang telah lebih dulu ditempatkan di suatu wilayah.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *