Mahindra tawarkan rantis ASLV untuk militer dan pasukan keamanan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dikenal sebagai produsen mobil penumpang, Mahindra perusahaan asal India ini juga menawarkan kendaraan taktis (rantis) lapis baja untuk militer dan pasukan keamanan.

Dinamai sebagai Mahindra ASLV (Armoured Light Specialist Vehicle), rantis modular ini dapat dikembangakan untuk beragam kebutuhan misi. Mulai dari kendaraan intai bersenjata, patroli perbatasan, angkut pasukan (APC), kendaraan komando, pengusung mortir, hingga varian ambulans. 

Versi dasar ASLV sendiri berupa kendaraan ‘double cab’ yang dapat menampung empat awak dan berkapasitas muatan 400 kg.

ASLV dibekali mesin turbo diesel Steyr asal Austria yang berkapasitas 3.200 cc dan berdaya 215 hp. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 4 percepatan.

ASLV memiliki kecepatan laju tertinggi hingga 120 km/jam. Akselerasi dari 0 hingga 60 km/jam dapat dicapai dalam waktu 12 detik saja.

Seperti Airspace Review kutip dari Army Recognition, ASLV telah diuji oleh militer India selama 18 bulan. Di antaranya sukses melaksanakan uji balistik dengan digempur peluru kaliber 7,62 mm dan hantaman granat tangan HE36.

Sebagai persenjataan beladiri dan bertempur, tersedia dudukan untuk senapan mesin kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm yang dioperasikan secara manual atau RCWS (opsional).

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *