Snowbirds jatuh usai melakukan barrel roll, satu perwira wanita gugur

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Satu pesawat CT-114 Tutor tim aerobatik Angkatan Udara Kerajaan Kanada (RCAF), Snowbirds (431 Demonstration Squadron), jatuh pada Minggu, 17 Mei 2020.

Kedua awak pesawat dengan formasi tempat duduk bersebelahan (side-by-side) di pesawat buatan Canadair itu, sempat keluar dari pesawat yang sudah tidak terkendali menggunakan kursi lontar.

Kecelakaan terjadi tidak lama setelah pesawat lepas landas dari Bandara Kamloops, British Columbia, Kanada pada pukul 11.30 waktu setempat.

Video yang beredar di media sosial memperlihatkan, dua pesawat CT-114 Tutor mengudara secara bersamaan.

Salah satu pesawat, yaitu Tutor nomor 2 yang berada di sebelah kiri, tampak terbang menanjak dan kemudian berbelok ke kiri dengan sudut belok yang tajam. Sementara Tutor 1 masih terbang lurus.

Dugaan sementara Airspace Review, tampaknya Tutor 2 akan melakukan manuver barrel roll. Setelah itu, pesawat akan terbang lurus untuk mempertahankan ketinggian.

Namun keanehan terlihat di video, saat pesawat tak dapat dikendalikan dan terus menukik.

Pada saat pesawat menukik menuju bumi dan tak dapat dikendalikan lagi, terlihat kedua pilot melakukan penyelamatan diri dengan keluar dari pesawat. Dapat dikatakan, ini adalah upaya terakhir yang dilakukan kedua awak pesawat.

Terlihat, saat itu ketinggian pesawat sudah sangat rendah.

Snowbirds jatuh
Twitter

Beberapa detik kemudian terdengar suara dentuman pesawat menghantam bumi. Pesawat jatuh di halaman sebuah rumah dengan kondisi hancur dan terbakar.

Dari foto yang beredar terlihat, tim penolong mengevakuasi satu awak pesawat dari atap rumah. Di sana terlihat parasut yang telah mengembang.

Kamloops This Week menyebut, itu adalah Capt Richard MacDougall, pilot yang mengendalikan pesawat. Ia mengalami cedera yang cukup serius dan kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Sementara satu awak lagi, yaitu Capt Jennifer Casey, ditemukan berada di dekat reruntuk pesawat dalam keadaan telah meninggal dunia.

Capt Jennifer Casey
City of Peterborough

RCAF dalam cuitan di akun twitter resminya menulis duka cita yang dalam bagi Capt. Jennifer Casey yang gugur dalam kecelakaan tersebut. Ia adalah tim Sonwbirds yang mengemban tugas sebagai perwira penerangan atau narator.

Capt. Casey, yang berasal dari Halifax, Nova Scotia, sebelum bergabung dengan RCAF adalah penyiar radio. Ia bergabung dengan RCAF pada 2014 dan menjadi bagian dari The Snowbirds sejak November 2018.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *