Pasukan Lintas Udara Rusia segera terima Typhoon-VDV MRAP

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pasukan Lintas Udara Rusia (VDV) segera menerima MRAP (mine-resistant ambush protected) Typhoon-VDV. Demikian Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam siaran beritanya.

Dijadwalkan, Remdizel sebagai pembuat kendaraan ini di Naberezhnye Chelny, Republik Tatarstan akan menguji prototipe kendaraan lapis baja ini terlebih dahulu sebelum diserahkan kepada VDV tahun ini.

Typhoon-VDV dirancang dengan tingkat keselamatan yang tinggi serta dilengkapi sejumlah persenjataan modern. Kendaraan lapis baja berpenggerak 4X4 ini dapat diterjunkan menggunakan parasut dari pesawat.

Selain untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri, Rusia juga menyiapkan keluarga Typhoon-K MRAP untuk pasa global.

Angkatan Bersenjata Uzbekistan telah mengadopsi kurang lebih selusin K-53949 Typhoon-K MRAP dari Rusia. Kendaraan berkapasitas angkut 10 orang ini akan digunakan oleh pasukan khusus negara di Asia Tengah.

Typhoon-K
Vitaly V. Kuzmin

Typhoon-K dapat digunakan untuk berbagai fungsi di beragam lingkungan. Mulai dari angkut pasukan khusus, angkut kargo, alat-alat teknis, hingga angkut persenjataan.

Sasis Typhoon-K juga dapat digunakan sebagai platform untuk mengusung sistem persenjataan. Kendaraan tersedia dengan sistem penggerak 4X4 (KAMAZ-53949) dan 6X6 (KAMAZ-6369).

Typhoon-K 4X4 dengan panjang 6,37 m, lebar 2,54 m, dan tinggi 3,32 m dilengkapi mesin diesel enam siliner berdaya 350 hp. Dengan mesin ini Typhoon-K dapat melaju di jalan dengan kecepatan 105 km/jam.

Typhoon-K
Evgeny Biyatov/Sputnik

Sebagai kendaraan tempur, Typhoon-K dapat dimodifikasi sehingga bisa dilengkapi dengan rudal antitank Kornet-EM.

Kendaraan memiliki ground clearance yang besar yaitu 43,3 cm. Sisi bagian bawah berbentuk V agar mampu menahan puing-puing dan memastikan penyaluran energi yang efektif.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *