Angkatan Laut Rusia telah menguji kapal penyapu ranjau terbaru kelas Alexandrit

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Armada Baltik Angkatan Laut Rusia baru-baru ini telah menguji kemampuan kapal penyapu ranjau Project 12700 terbaru, yaitu Alexander Obukhov.

Pengujian dilaksanakan dalam suatu latihan perang di laut, demikian dikatakan oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 26 April 2020.

Kementerian Pertahanan Rusia menjelaskan, Alexandrit-class adalah kapal penyapu ranjau dengan lambung terbesar di dunia. Kapal ini unik karena terbuat dari bahan fiberglass monolitik yang dibentuk menggunakan teknik infus hampa udara.

Pelatihan di laut dilaksanakan dengan menetralisir ranjau-ranjau yang ada di depan agar dapat memberikan jalan yang aman bagi lintasan kapal-kapal di belakangnya.

Dalam latihan tersebut, seluruh delapan ranjau yang ditambatkan dan ditanam di bawah air berhasil dihancurkan.

Alexandrit-class juga dilengkapi wahana tanpa awak penyapu ranjau bawah air. Wahana ini dikendalikan dari kapal tersebut.

Alexander Obukhov_ Photo MoD
Russian MoD

Selain menghancurkan ranjau di permukaan dan bawah permukaan air, dalam latihan itu Alexander Obukhov dan juga Leonid Sobolev (versi kelas yang lebih tua) juga melaksanakan latihan penembakan menggunakan senjata artilerinya terhadap target-target di permukaan dan di udara.

Rusia membuat kapal penyapu ranjau Alexandrit-class untuk memenuhi kebutuhan internal militer Rusia. Namun demikian, Rusia juga menyiapkan kapal ini untuk dieskpor ke negara lain.

Sredne-Nevsky Shipyard di St Perterburg selaku pembuat kapal ini, telah menyiapkan Alexandrit-E yaitu kapal untuk versi ekspor.

Menurut sumber teknis Airspace Review, kapal dengan bobot mati 890 ton ini mengombinasikan kapabilitas sebagai kapal penyapu ranjau modern dan klasik.

Alexandrit-E dapat menggunakan cara-cara modern maupun ‘tradisional’ untuk membersihkan ranjau dengan hasil yang siginifkan dalam waktu yang sangat singkat.

Kapal ini juga dilengkapi sistem otomatis perang anti-ranjau Diez, yaitu kemampuan mengarahkan aktivitas sekelompok kapal lain untuk penanggulangan ranjau.

Pada Indo Defence 2016, Rosoboronexport pertama kali memperkenalkan versi ekspor Alexandrit-E di Jakarta. Rosoboronexport mengatakan, kapal ini memiliki prospek yang bagus untuk pasar Asia Tenggara.

Alexander Obukhov
Russian MoD

Pada Maret 2020, Rusia juga mengikuti tender pengadaan kapal penyapu ranjau di India. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Federal Rusia untuk Kerja Sama Militer dan Teknis Dmitry Shugayev.

Ia saat diwawancarai kantor berita Interfax ia menyatakan, Alexandrit-E adalah kapal penyapu ranjau canggih keluaran terbaru Rusia.

Kapal ini ditawarkan kepada New Delhi untuk menggantikan kapal kelas INS Pondicherry (M61) di Angkatan Laut India. INS Pondicherry telah digunakan INS sejak 1978. Kapal ini dan dibuat di galangan yang sama dengan Alexandrit-E, yaitu oleh Sredne-Nevsky Shipyard.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *