Harimau, tank medium pilihan favorit para pembaca AR

AIRSPACE REVIEW (AR) – Airspace Review melaksanakan polling untuk mengetahui tank medium favorit pilihan para pembaca AR melalui akun facebook fans page Airspace Review di @angkasareview.

Polling dilaksanakan selama dua hari pada 19-21 April 2020.

Dari 13 tank medium di dunia yang AR sodorkan, terpilih tiga yaitu tank Harimau buatan Pindad-FNSS, Rheinmetall Marder 105 NG, dan CV-90, para pembaca AR memberikan pilihan tertinggi kepada tank Harimau (Kaplan). Tank medium hasil kolaborasi PT Pindad dan FNSS (Turki) ini memperoleh 115 poin, jauh di atas nilai perolehan dua kompetitor lainnya.

Dapat dimengerti bila Harimau menjadi pilihan utama. Selain rasa nasionalisme yang tinggi, tentu ada harapan besar pada tank Harimau untuk menjadi tank medium modern yang dapat diandalkan Batalion Kaveleri TNI AD.

Tidak hanya jago di kandang, tapi harapannya juga bisa bersaing di pasar global dan diakusisi oleh militer negara lain.

Prototipe tank Harimau diperkenalkan pertama kali pada penyelenggaraan IDEF 2017 di Istanbul, Turki. Selanjutnya tank ini diboyong ke pameran Indo Defence 2018 di Jakarta.

Tank Harimau dilengkapi kubah senjata buatan CMI, Belgia dengan mengusung kanon Cockerill 105 mm HP (high pressure).

Selanjutnya kita bahas posisi kedua hasil polling para pembaca AR. Pilihan jatuh pada Rheinmetall Marder 105 NG dengan 42 poin.

Nama besar Jerman sebagai salah satu negara penghasil tank terbaik di dunia rupanya masih sangat diperhitungkan oleh para pembaca AR.

Marder 105 NG mulai diperkenalkan pabrik Rheinmetall pada 2012 untuk pelanggan ekspor. Tank ini dibangun berdasar sasis kendaraan tempur Marder IFV.

Dengan penampilan futuristik, Marder 105 NG dibekali senjata utama kanon 105 mm yang dikembangkan oleh OTO Melara dari Italia. Tank ini cukup menarik perhatian dan bisa saja menang apabila tidak ada Harimau sebagai pilihan.

Kemudian di posisi ketiga, dimenangkan oleh tank CV90 (Combat Vehicle) buatan Swedia dengan 38 poin.

CV90 tergolong sebagai tank medium modern pertama yang dikembangkan tahun 1990 oleh Hagglunds (kini BAE Systems AB). Tank ini bersenjata kanon 40 mm buatan Bofors.

Varian berkanon 105 atau dikenal sebagai CV90105 dan baru diperkenalkan pada 2014. Tank ini mengusung kubah konsep Cockerill XC-8 berkanon 105 mm buatan Belgia.

Demikianlah hasil resume polling mengenai tank medium yang dilakukan AR melalui akun kami di facebook.

Nantikan polling berikutnya dan terus berpartisipasi memberikan pilihan Anda. Terimakasih dan salam damai.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *