Cessna siap uji terbang SkyCourier pesaing N219 Nurtanio

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pabrikan pesawat asal Amerika Serikat, Cessna (bagian Textron Aviation), siap melakukan penerbangan perdana pesawat komuter ringan terbarunya Cessna 408 SkyCourier.

Saat ini pesawat telah mulai menjalani rangkaian uji darat untuk menuju penerbangan perdananya.

Seperti Airspace Review kutip dari laman resminya, pada 5 April 2020 Cessna 408 Skycourier telah berhasil melaksanakan uji mesin di darat.

Mesin turboprop yang digunakan, Pratt & Whitney Canada (PWC) PT6A-65S berdaya masing-masing 1.100 hp tersebut, berfungsi dengan sempurna.

Progres pengembangan SkyCourier terbilang berjalan mulus. Purwarupa uji terbang telah mulai terlihat utuh sejak Februari 2020 lalu.

SkyCourier dikembangkan Cessna mengikuti jejak sukses pesawat komuter bermesin turboprop tunggal Cessna 208B Grand Caravan.

Cessna 408 akan ditawarkan dalam berbagai konfigurasi termasuk varian angkut kargo berkapasitas 2.700 kg, lalu versi penumpang 19 kursi, atau versi kombinasi penumpang dan barang (kombi).

Cessna
Textron Aviation

SkyCourier dirancang untuk pemanfaatan tinggi dan akan memberikan kombinasi kinerja yang kuat dan biaya operasi yang lebih rendah. 

Varian kargo dan penumpang Cessna 408 SkyCourier menawarkan pengisian bahan bakar tekanan satu titik untuk memungkinkan perputaran yang lebih cepat.

Sebagai pesawat baru, Cessna 408 SkyCourier akan dibekali perangkat avionik modern Garmin G1000 NXi yang populer. 

Pesawat dirancang mampu terbang dengan kecepatan jelajah maksimum hingga 370 km/jam, terbang hingga ketinggian 7.600 m, dan berjarak jangkau hingga 740 km.

SkyCourier-Engine-Run_1
Textron Aviation

Kehadiran Cessna 408 SkyCourier yang begitu cepat menjadi ancaman tersendiri untuk N219 Nurtanio buatan PT Dirgantara Indonesia. Apalagi pesawat menawarkan kemampuan yang sama.

Bisa saja, pendatang baru dengan nama besar pabriknya ini menelikung langkah N219 kalau Indonesia tidak segera menuntaskan proses sertifikasi N219 untuk segera masuk ke jalur produksi lebih dulu.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron

One Reply to “Cessna siap uji terbang SkyCourier pesaing N219 Nurtanio”

  1. Indonesia memang selalu telat dan terbelakang, baru rencana buat pesawat saja sudah berkoar2 dulu dan diekpos besar-besaran.. sehingga kompetitor diam2 membuat pesawat yg sama. Sepertinya ga punya strategi bisnis yang baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *