Jet-jet tempur Su-35 kawal penerbangan Menhan Rusia ke Suriah

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Satu kelompok jet tempur Su-35 (NATO: Flanker-E) Angkatan Kedirgantaraan Rusia (VKS) mengawal penerbangan Menteri Pertahanan (Menhan) Rusia Sergei Shoigu ke Suriah beberapa hari lalu.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan hal itu seperti diberitakan kantor berita TASS.

Mewakili Presiden Rusia Vladimir Putin, Shoigu terbang ke Suriah. Di Damaskus ia diterima oleh Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Kedua pemimpin membahas beberapa hal antara lain mengenai zona de-eskalasi di Idlib, stabilisasi situasi di Suriah, dan kerja sama aspek-aspek militer dalam upaya memerangi kelompok teroris.

Dibicarakan juga masalah bantuan kemanusiaan Rusia ke Suriah yang sedang mengalami sanksi dari Amerika Serikat termasuk upaya restorasi potensi-potensi ekonomi Suriah dengan bantuan para ahli dari Rusia.

Pengawalan penerbangan pesawat Menhan Rusia dan juga Presiden Rusia oleh armada Su-35S bukanlah untuk pertama kali.

Tepat setahun lalu pada 19 Maret 2019, Shoigu yang terbang ke Suriah menggunakan pesawat Tu-154M (RA-85686) juga dikawal oleh kawanan Flanker-E.

Shoigu-and-Assad-meeting
MoD

Su-35 merupakan jet tempur mesin ganda berkursi tunggal hasil pengembangan dari Su-27M. Prototipe Su-35-1 mengudara perdana pada 19 Februari 2008.

Sementara prototipe Su-35S (versi untuk VKS) mengudara perdana pada Mei 2011.

Selusin seri produksi Su-35S kelompok pertama diserahkan oleh Sukhoi kepada Angkatan Udara Rusia pada Desember 2013.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *