Kemhan Rusia kerahkan 9 Il-76 untuk kirim 100 dokter ahli virus ke Italia

Il-76Yury Smytyuk/TASS
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengerahkan sembilan pesawat angkut strategis Ilyushin Il-76 untuk mengirim 100 dokter ahli virus dan ahli epideminologi serta peralatan yang dibutuhkan ke Italia.

Pengiriman bantuan dilaksanakan Rusia demi membantu Italia yang terkena wabah COVID-19. Italia merupakan negara dengan korban jiwa pandemik COVID-19 paling banyak, mencapai lebih 5.000 orang dalam satu bulan terakhir.

Airbus_contoh2

Dikatakan Kemhan Rusia kepada wartawan pada hari Minggu, ke 100 dokter spesialis dan ahli epideminologi yang dikirim adalah mereka yang telah memiliki pengalaman internasional. Terutama dalam memerangi epidemi maupun pandemi (epidemi yang meluas secara global).

Sementara peralatan-peralatan modern juga dikirimkan dalam misi ke Italia ini agar memudahkan dalam proses diagnosis dan upaya desinfeksi.

Sembilan pesawat Il-76 telah bersiap untuk melaksanakan penerbangannya pada Minggu pagi dari lapangan terbang militer Chkalovsky di dekat Moskow.

Sebelumnya, Kemhan Rusia melaporkan bahwa mereka telah membentuk kelompok udara untuk mengirim delapan tim ahli virologi dan dokter militer ke Italia berikut peralatan medisnya mulai 22 Maret.

Sementara pada hari Sabtu, Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengonfirmasi kesiapan Rusia untuk membantu Italia.

Hal itu disampaikan Putin melalui hubungan telepon dengan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte.

Secara khusus, seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan TASS, Rusia berencana mengirimkan alat-alat perlindungan diri, sistem desinfeksi aerosol bergerak menggunakan truk Kamaz, alat transportasi wilayah, serta brigade spesialis Rusia ke wilayah-wilayah di Italia yang paling terdampak wabah COVID-19.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *