Penyemprotan cairan desinfektan di KRI Pandrong-801

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – KRI Pandrong-801 melaksanakan kegiatan penyemprotan cairan desinfektan terhadap bagian-bagian dan ruangan kapal. Kegiatan dilaksanakan untuk mencegah penyebaran virus corona baru (COVID-19).

Penyemprotan desinfektan dilaksanakan saat kapal ini tengah bersandar di Dermaga Mamburungan Lantamal XIII Tarakan, Kalimantan Utara, Jumat (20/3).

KRI Pandrong
Koarmada II

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari perintah Panglima Komando Armada (Koarmada) II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto.

Bagian-bagian kapal yang disemprot desinfektan oleh petugas dari Dinas Kesehatan Lantamal XIII tersebut antara lain anjungan kapal, lorong dek, dapur, dan ruang mesin.

KRI Pandrong
Koarmada II

KRI Pandrong-801 merupakan kapal TNI AL jenis FPB (fast patrol boat) 57 Nav IV. Kapal ini adalah generasi pertama FPB-57 buatan PT PAL bersama dengan KRI Sura-802.

KRI Pandrong masuk dinas TNI AL sejak 1992, sementara KRI Sura menyusul setahun kemudian pada 1993.

Masing-masing kapal dengan bobot mati 425 ton ini diawaki oleh 49 orang.

Roni Sontani

One Reply to “Penyemprotan cairan desinfektan di KRI Pandrong-801”

  1. FPB-57 NAV IV & sampai V sekarang sudah jadi KCR. Menurut website PT PAL dulu mereka hanya bikin satu FPB-57 NAV IV. Kalau lihat fotonya, KRI Barakuda (dulu 814, sekarang 633).

    Kurang jelas apakah KRI Pandrong ini NAV I (produksi dua unit) atau NAV III (produksi tiga unit).

    Sumber wiki sepertinya hazegrey yang sudah lama tidak diupdate atau diperbaiki. Sedangkan kalau mau periksa info di website PT PAL harus lihat di web archive.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *