Rusia tawarkan kapal penyapu ranjau Alexandrit-E kepada India

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia akan mengikuti tender pengadaan kapal penyapu ranjau di India dengan menawarkan proyek Alexandrit-E. Ini adalah kapal jenis mine countermeasures vessel terbaru Rusia berbobot 890 ton.

Kepala Dinas Federal Rusia untuk Kerja Sama Teknik Militer Dmitry Shugayev dalam wawancara dengan Interfax mengatakan, Rusia akan mengikuti tender untuk pengadaan 12 kapal penyapu ranjau di India.

Ia meyakini Alexandrit-E akan menjadi pilihan terbaik bagi India.

“Kami yakin, kami akan memenangkan tender. Kami juga sudah mengantongi kontrak (dengan Angkatan Laut India) untuk pengadaan kapal fregat Proyek 11356 (Admiral Grigorovichclass),” ujarnya, Senin (16/3).

Alexandrit-E dirancang mampu mendeteksi dan menghancurkan beragam jenis ranjau di sekitar pangkalan laut militer, perairan pantai, dan sekaligus memberikan perlindungan terhadap kapal-kapal lain.

Kapal ini juga dapat digunakan untuk menyebar ranjau untuk fungsi pertahanan area dari insersi kapal permukaan maupun kapal selam.

Angkatan Laut Rusia telah mengoperasikan Alexandrit-class (Project 12700) versi dalam negeri dan akan menerima sejumlah seri produksi kapal ini.

Alexandrit-class dirancang oleh Biro Desain Almaz Central Marine dan dibuat oleh Sredne-Nevsky Shipyard. Kapal ini mulai dibuat tahun 2011 dan diluncurkan pada Juni 2014.

Angkatan Laut Rusia mulai menggunakan Alexandrit-class pada 9 Desember 2016, yaitu kapal yang diberi nama Aleksandr Obukhov.

Dua kapal lainnya yang sudah dioperasikan adalah Ivan Antonov (26 Januari 2019) dan Vladimir Yemelyanov (28 Desember 2019). Direncanakan, Angkatan Laut Rusia akan mengoperasikan sedikitnya 40 unit Alexandrit-class.

Alexander Obukhov
Istimewa

Sumber militer Rusia mengatakan, dibandingkan dengan kapal-kapal analog yang ditawarkan di pasar global, Alexander-E memiliki tingkat kelaikan laut yang sangat baik sehingga kapal ini dapat melaksanakan misi yang sulit.

Kapal dilengkapi wahana bawah air otonom yang canggih untuk menetralisir ranjau di depannya sehingga kapal bisa lebih aman memasuki area beranjau.

Alexandrit-E juga dilengkapi sistem otomatis antiranjau Diez yang dapat mengarahkan kapal-kapal antiranjau lainnya.

Alexandrit-class memiliki panjang 61 m, lebar 10,2 m, dan sarat air (draught) 2,68 m. Kapal ini diawaki 45 orang dan mampu berlayar selama 10 hari.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *