Mengharukan, Italia perangi virus corona dengan simbolik Frecce Tricolori

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Italia menjadi negara Eropa yang paling terpukul dengan wabah virus corona baru (COVID-19). Data Departemen Perlindungan Sipil Italia hingga Minggu (15/3) menyebutkan, terdapat 1.441 orang meninggal akibat wahab virus corona yang terdeteksi di Italia sejak 21 Februari lalu.

Sementara jumlah terinfeksi virus ini di Negeri Pizza sudah mencapai 21.157 orang.

Pemerintah Italia telah melakukan berbagai upaya untuk memerangi COVID-19. Bahkan, status lockdown pun telah diberlakukan di seluruh Italia mulai 10 Maret hingga 3 April mendatang.

Jalanan dan pusat-pusat kota sepi. Kantor-kantor dan sekolah diliburkan. Demikian juga dengan seluruh penerbangan dari dan ke Italia dihentikan.

Prihatin akan apa yang terjadi, Angkatan Udara Italia (ItAF) melakukan sebuah penerbangan simbolik pemberi penyemangat. Yaitu melalui penampilan tim aerobatik Frecce Tricolori di atas pantai.

Terlihat sembilan pesawat terbang dalam formasi panah. Dari arah depan, datang satu pesawat yang disimbolkan sebagai virus corona. Seluruh pesawat terbang menanjak ke atas dan meninggalkan asap tebal tiga warna.

Rekaman video ini telah tersebar di dunia maya dan ditonton jutaan kali di twitter pengunggah pertama.

Video pun kemudian diunggah di berbagai akun YouToube termasuk di akun WHO.

Frecce Tricolori
screenshot

Yang mengharukan, cuplikan manuver Frecce Tricolori ini dipadukan dengan suara tenor operatik Luciano Pavarotti yang melantunkan Nessum Dorma (tidak ada yang tidur) di mana salah satu liriknya mengatakan venceremos (kami akan atasi).

Frecce Tricolori atau Kelompok Panah Tiga Warna adalah tim aerobatik Angkatan Udara Italia dengan kekuatan penampil 10 pesawat jet latih Aermacchi MB-399-A/PAN. Terdiri dari sembilan pesawat formasi dan satu pesawat lead solo (soloist).

Masing-masing pesawat mendapat julukan “Pony” 1 hingga 1o. Total Frecce Tricolori berkekuatan 16 Pony. Sementara enam Pony adalah supervisor dan pilot cadangan/masih latihan.

Tim yang bermarkas di Provinsi Udine ini didirikan pada 1 Maret 1961.

Dalam setiap pertunjukannya, Frecce Tricolori mengeluarkan asap warna Hijau, Putih, Merah sebagai warna bendera Italia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *