Takut ancaman Rusia, Polandia bimbang berikan MiG-29 untuk Ukraina

miG-29 PolandiaAFP

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Bantuan jet tempur MiG-29 Polandia ke Ukraina masih menjadi tanda tanya. Belum ada kepastian mengenai bantuan tersebut dari Warsawa.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta Amerika Serikat untuk mengirimkan pesawat tempur untuk menghadapi Rusia.

Amerika Serikat bisa saja mengirimkan bantuan berupa jet tempur F-16, namun pilot-pilot Ukraina hanya terbiasa menggunakan MiG-29 dan Su-27 peninggalan era Uni Soviet.

Dipastikan pilot butuh waktu tak sedikit untuk beradaptasi menguasai jet tempur jenis baru, apalagi dalam situasi perang.

Sebagai jalan keluar, Amerika membujuk Polandia untuk mengirimkan MiG-29-nya ke Ukriana. Sebagai gantinya, Paman Sam akan menukarnya dengan F-16 yang lebih canggih untuk AU Polandia.

Dilaporkan, Polandia kurang antusias terhadap tawaran Amerika Serikat ini. Dikarenakan Rusia telah mengeluarkan ancaman bahwa mendukung angkatan udara Ukraina berarti terlibat konflik, menimbulkan risiko aksi balasan dari Rusia.

“Kita tidak akan membuka bandara kami dan pesawat Polandia tidak akan bertempur di atas Ukraina,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Polandia Marcin Przydacz kepada Radio Zet via Associated Press (7/3).

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published.