Raptor, kapal patroli cepat Armada Laut Hitam berawak semua wanita

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kapal cepat Rusia dengan nama Project 03160 Raptor tiba di Pusat Latihan Gabungan St. Petersburg pada Rabu (4/3). Yang menarik, ini adalah eksperimental pertama kapal cepat Angkatan Laut Rusia yang diawaki seluruhnya oleh wanita.

Panglima Angkatan Laut Rusia Laksamana Nikolai Yevmenov mengatakan, kapal patroli cepat dengan tiga awak wanita ini merupakan kekuatan dari Armada Laut Hitam. Pembentukannya telah mendapat persetujuan Menteri Pertahanan Rusia.

“Ini merupakan eksperimental kapal patroli cepat berawak tiga orang wanita yang dibentuk di Armada Laut Hitam dengan persetujuan dari Menteri Pertahanan. Para kru kapal ini akan melaksanakan latihan mencakup teori dan praktik hingga tanggal 27 April,” jelas Yevmenov seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan TASS.

Diterangkan, selama pelatihan mereka akan mendapat familiarisasi sistem kapal, mesin, radio elektronik, persenjataan, komunikasi, navigasi dan lainnya. Latihan juga akan dilaksanakan menggunakan simulator terlebih dahulu.

Mereka juga akan dilatih bagaimana menghadapi kondisi darurat kebakaran dan air serta proses penyelamatan dari kapal.

Setelah selesai menjalani pelatihan, mereka akan kembali ke Armada Laut Hitam dan memulai dinasnya.

Kapal cepat Raptor dibangun di galangan Pella Shipyard, St. Petersburg. Kapal dirancang untuk operasi patroli pantai maupun selat hingga jarak 100 mil (185 km).

Projet 03160 dapat memuat 20 personel Marinir untuk melaksanakan misi pencegatan terhadap target kecil maupun operasi SAR.

Kapal dilengkapi persenjataan berupa senapan mesin kaliber 14,5 mm yang dikendalikan dari jarak jauh (RCWS) serta dua senapan mesin Pecheneg kaliber 7,62 mm.

Kapal patroli cepat Raptor-class diluncurkan pertama kali pada 2013 dan mulai mengisi jajaran AL Rusia pada 2015.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *