S-350 Vityaz kini bercokol di Angkatan Udara Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sistem pertahanan udara (sishanud) jarak menengah S-350 Vityaz (Kesatria) kini telah melengkapi Angkatan Udara Rusia. Dengan demikian, unit pertama Vityaz resmi bercokol dalam jajaran kekuatan matra udara Negeri Beruang.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia mengatakan, S-350 saat ini ditempakan Gatchina, sebuah kota di Wilayah Leningrad.

“Produksi terbaru pertama S-350 Vityaz telah ditempatkan dalam kekuatan Angkatan Udara Rusia. Sistem tersebut ditempatkan di pusat latihan pasukan rudal antipesawat di Gatchina,” kata Kemhan Rusia dalam pernyataan seperti Airspace Review kutip dari Sputniknews, Rabu (26/2/2020).

Ditambahkan, pusat latihan rudal tersebut sebelumnya telah melaksanakan uji penembakan S-350 dan berhasil menghancurkan pesawat konvensional musuh.

Dengan adanya S-350, jelas Moskow, Angkatan Udara Rusia kekuatannya meningkat dua kali lipat guna melawan serangan rudal jelajah. Sistem ini sekaligus menggantikan peran sishanud lama S-300SP.

Sebelumnya pada pertengahan Januari lalu, Kemhan Rusia telah menyatakan, Wilayah Leningrad dipilih menjadi satuan pertama yang akan menerima S-350.

TASS memberitakan, Angkatan Bersenjata Rusia akan menerima 144  unit S-350 Vityaz hingga tahun 2027.

Sishanud buatan Almaz-Antey ini mampu menghancurkan sasaran hingga jarak lebih dari 120 km dan ketinggian lebih dari 30 km.

Roni Sontani

One Reply to “S-350 Vityaz kini bercokol di Angkatan Udara Rusia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *