Buah kunjungan Trump ke India, 24 MH-60R dan 6 AH-64E dikantongi

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kunjungan dua hari Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ke India telah memastikan New Delhi membeli 24 helikopter Sikorksy (Lockheed Martin) MH-60R Seahawk untuk Angkatan Laut dan enam heli AH-64E Apache Guardian untuk Angkatan Darat India.

Sambutan yang sangat meriah dilakukan India atas kedatangan Trump dan Nyonya Melania Trump dengan slogan “Namaste Trump” yang berarti “Salam Hormat Trump” sambil merapatkan kedua tangan di dada dan membungkukkan badan.

Presiden AS berambut pirang itu membalas kehangatan Perdana Menteri India Narendra Modi dan 110.000 orang yang menyambutkan di stadion kriket Motera di Ahmedabad dengan mengatakan bahwa Amerika mencintai India, Amerika menghormati India, Amerika akan setia dan menjadi teman setia bagi orang-orang India.

Trump dan Modi terus bersalaman dan berpelukan, seperti ingin menunjukkan bahwa mereka sangat erat dan bersahabat.

Penjualan helikopter sendiri disampaikan Trump dalam pidatonya. Bahwa Amerika dan India akan menandatangani pengadaan helikopter militer terbaik sekaligus paling ditakuti senilai tiga miliar dolar AS.

Seperti Airspace Review telaah dari pemberitaan Flight Global, Sikorsky akan memenuhi pembelian 24 MH-60R India pada 2023. Sementara untuk pengiriman enam heli AH-64E akan dimulai pada 2023.

Ditaksir, pembelian 6 AH-64E mencapai 930 juta dolar AS. Skema pembayaran akan dilaksanakan melalui Direct Commerscial Sale (DCS) antara Boeing dan Kementerian Pertahanan India serta melalui Foreign Military Sale (FMS) antara New Delhi dan Washington.

Program FMS mencakup senjata, pelatihan, sertifikasi pesawat, mesin, radar dan sensor elektro optik. Sementara untuk DCS mencakup pesawat (tanpa mesin dan radar), dukungan logistik, suku cadang, dan layanan.

AH-64E India
Boeing

AH-64E untuk Angkatan Darat India akan memiliki spesifikasi yang sama dengan milik Angkatan Udara India (IAF). Seperti diketahui, IAF sebelumnya sudah menerima 17 AH-64E dan 10 CH-47(I) dari masing-masing pesanan 22 unit dan 15 unit.

Untuk pelatihan para kru AH-64E Angkatan Darat akan dilaksanakan di Fort Rucker, Alabama sebagaimana dilakukan para kru IAF sebelumnya.

Sementara untuk pembelian 24 MH-60R ditaksir mencapai 2,6 miliar dolar dan akan dilaksanakan melalui mekanisme FMS.

India, makin mengokohkan strategi pijakan dua kaki kepada Rusia dan AS. India saat ini getol membeli sistem persenjataan buatan Paman Sam dan menyambur secara besar-besaran kedatangan Presiden Trump.

Sebelum ini, India telah mengoperasikan 11 boeing C-17 Globemaster III dan 8 P-8I Neptune serta menambah pesanan empat P-8I.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *