Produsen Sukhoi Superjet 100 jadi anak perusahaan Irkut Corporation

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sukhoi Civil Aircraft Co (SCAC) produsen pesawat jet komersial Sukhoi Superjet (SSJ) 100 kini tak lagi berdiri sendiri, melainkan menjadi salah satu divisi atau anak perusahaan dari Irkut Corporation sejak 17 Februari 2020. SCAC pun berubah brand menjadi Regional Aircraft.

Perubahan status ini dilaksanakan tiga bulan menjelang peringatan 20 tahun berdirinya SCAC sejak tahun 2000.

Industri penerbangan Rusia telah melakukan perubahan prioritasnya. Seperti Airspace Review telaah dari pemberitaan Rusavia Insider, hal ini untuk memaksimalkan kelangsungan bisnis SSJ 100.

Lebih lanjut, perubahan ini juga menyesuaikan dengan restrukturisasi United Aircraft Corporation (UAC). Khususnya untuk divisi pesawat komersial.

UAC sendiri saat ini sedang diintegrasikan ke dalam Rostec, perusahaan industri strategis dirgantara dan teknologi tinggi milik negara yang lebih besar.

Divisi pesawat komersial yang baru dibuat, termasuk Regional Aircraft (Irkut) akan meneruskan penyelesaian program uji terbang MC-21-300 dan melakukan modernisasi pada SSJ100. Divisi ini sekaligus bertanggung jawab dalam hal pemasaran dan layanan purnajualnya.

Meski demikian, divisi ini tidak menangani pesawat turboprop Ilyushin Il-114-300.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *