Angkatan Bersenjata Rusia akan terima T-90M Proryv-3 tahun ini

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Bersenjata Rusia akan menerima tank tempur utama baru T-90M Proryv-3 pada tahun ini. Walau berkode T-90M yang artinya merupakan hasil modernisasi, ini bukan tank lama. Melainkan tank baru yang dibuat pihak pabrikan.

Hal itu disampaikan CEO UralVagonZavod (UVZ) Alezander Potapov.

“Tank ini sepenuhnya baru, Para ahli, termasuk dari luar negeri, mengatakan bahwa ini bukan tank hasil modernisasi. Melainkan tank baru,” ujar Potapov seperti Airspace Review kutip dari pemberitaan Interfax.

Tank tempur utama T-90M Proryv (Breaktrhough)-3 dibuat oleh pabrik kendaraan tempur UVZ. Tank ini dilengkapi dengan beragam jaringan komunikasi di mana pengiriman data dapat dilaksanakan secara langsung (real time) terhadap berbagai kendaraan perang yang dilibatkan, seperti tank, kendaraan lapis baja, drone, helikopter, dan lainnya.

Pihak pabrikan juga mengatakan, ke depan tank ini akan dilengkapi pula dengan sistem pengontrol iklim.

T-90M memiliki modul menara tempur baru. Tank dilengkapi dengan kanon 125 mm yang tangguh dan akurat dalam proses tembakannya.

Monster lapis baja ini juga dilengkapi senapan mesin kaliber 12,7 mm yang dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control (RCWS).

Sistem kontrol tembakan telah menggunakan instrumen digital yang sekaligus dapat digunakan untuk mencari, mengidentifikasi, dan menjejak sasaran tembak.

Pengamat mengatakan, T-90M berada satu level dengan tank Abrams, Leclerc, dan Merkava dalam hal sistem persenjataan, kekuatan tembakan, dan mobilitas. Demikian juga dengan sistem proteksi, jarak jelajah, transportabilitas, konsumsi bahan bakar, dan sistem perlindungan baja.

Roni Sontani

One Reply to “Angkatan Bersenjata Rusia akan terima T-90M Proryv-3 tahun ini”

  1. Bismillah, semoga dengan tulisan ini TNI AD bisa menambah kekuatan arsenal tempurnya, semoga bapak Prabowo bisa mengauikisisi tank T-90M rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *