44 prajurit Paskhas perkuat Pertahanan Pangkalan Lanud ABD

KorpaskhasRoni Sontani

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebanyak 44 prajurit Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU memperkuat Satuan Pertahanan Pangkalan (Sathanlan) Lanud Abdulrachman Saleh (ABD), Malang, Jawa Timur. Mereka berasal dari Batalyon Komando 464/Paskhas “Nanggala” dan Detasemen Matra 2/Paskhas “Naga Pasha”.

Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat menyatakan, pasukan yang ditempatkan ini merupakan BKO (Bawah Kendali Operasi) Sathanlan. Upacara penerimaan dilaksanakan Selasa (18/2).

Ditambahkan, sejak beberapa tahun terakhir Pimpinan TNI memandang tuntutan tugas dirasakan terus bertambah. Hal ini dikarenakan adanya perkembangan lingkungan strategis di tingkat nasional, regional, dan global yang sangat dinamis dalam berbagai aspek.

“Demikian pula pada aspek pertahanan pangkalan, khususnya pada Lanud-lanud tipe A di Pulau Jawa di mana di situ terdapat alutsista pokok TNI AU berupa pesawat terbang,” ujar Hesly Paat.

Atas pertimbangan tersebut, Komandan Korpaskhas kemudian mem-BKO-kan 44 prajurit Paskhas di Sathanlan Lanud Abdulrachman Saleh selama tiga bulan ke depan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *