Persiapan ke Su-35? Vietnam diberitakan telah membeli 12 Yak-130

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) โ€“ Vietnam dan Rusia menurut pemberitaan harian bisnis Vedomosti telah melakukan penandatanganan pembelian 12 jet latih tempur Yakovlev Yak-130 (NATO: Mitten) senilai 350 juta dolar AS.

Penandatanganan dilakukan tahun lalu namun baru diberitakan harian tersebut dengan mengutip sumber industri pertahanan Rusia pada 28 Januari 2020.

Tidak disebutkan kapan tenggat waktu pesawat berkursi tandem itu akan dikirimkan secara bertahap kepada Hanoi.

Selain berfungsi untuk melatih para pilot sebelum mengawaki jet-jet tempur modern Rusia, Yak-130 juga dapat membawa beragam persenjataan, termasuk rudal, roket, dan bom.

Mengacu pada pemberitaan ini, maka Vietnam akan menjadi negara keenam pengimpor Yak-130 setelah Aljazair, Bangladesh, Myanmar, Laos, dan Belarusia.

BACA  Jammer Pod untuk Gripen C/D Diuji Saab Akhir Tahun Ini

Di Asia Tenggara, secara otomatis Vietnam akan menjadi negara ketiga pengguna Mitten.

Meski demikian, Rosoboronexport maupun Dinas Federal Rusia untuk Kerja Sama Teknik dan Militer belum memberikan klarifikasi soal berita tersebut.

Yak-130
Yak

Andrei Frolov, pengamat militer yang juga pemimpin redaksi majalah Arms Exports menyebut, pembelian Yak-130 oleh Vietnam merupakan langkah negeri itu untuk membeli jet tempur modern seperti Su-30SM dan Su-35 bagi angkatan udaranya.

Sejak dahulu, Vietnam berkiblat kepada Uni Soviet atau Rusia kini dalam membeli beragam persenjataan militernya.

Vietnam tidak mengoperasikan jet tempur produksi Barat. Saat ini pesawat tempur garda terdepan Hanoi berkisar 11 Su-27P/SK/UBK dan 35 Su-30MK2V.

Roni Sontani

BACA  Perjalanan ke Rusia (Bagian 2 - Melihat Museum Helikopter Kazan)

3 Replies to “Persiapan ke Su-35? Vietnam diberitakan telah membeli 12 Yak-130”

  1. Kalau beli pesawat yg ada teknologi silumanya karna 5 atau 10 tahun kedepan pesawat yg berbasis siluman lah yg bisa masuk area pertahanan lawan.sedangkan pesawat biasa belom masuk area lawan sudah kena rudal jarak jauh musuh.berhentilah Indonesian beli peralatan militer berbasis perang jaman dahulu seperti tank,kapal induk karena semua itu menjadi sasaran empuk bagi drone siluman..sampai disini mengerti kan apa yg harus di beli yaitu beli rudal siluman dan pesawat siluman bila perlu beli rudal kiamat alias rudal nuklir Rusia ,Rusia pasti kasih asal kita jadi sekutu mereka๐Ÿ˜๐Ÿ‘Œ๐Ÿ‘

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *