Ilyushin Il-76TDP bawa bantuan 23 ton masker dari Rusia ke China

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat angkut Ilyushin Il-76 dari Kementerian Situasi Darurat Rusia pada Minggu pagi mendarat di China. Pesawat membawa 183 meter kubik bantuan kemanusiaan berupa masker dan obat-obatan.

Pesawat dengan nomor registrasi RA-76845 (Il-76TDP) itu terbang dari Bandara Internasional Zhukovsky dekat Moskow, Sabtu siang.

Diberitakan TASS, bantuan terhadap China dilaksanakan atas instruksi Presiden Rusia Vladimir Putin serta pemerintahan Rusia.

Menteri Industri dan Perdagangan Rusia Denis Manturov sebelumnya menyatakan, Moskow akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada China termasuk 2 juta buah masker medis dengan volume mencapai 23 ton.

Seperti diketahui, virus corona jenis baru (novel) menyebar di China sejak akhir Desember 2019. Virus ini baru terdeteksi sebagai novel coronavirus 2019-nCoV pada 7 Januari 2020.

Virus pertama kali menyebar dari pasar makanan ikan di kota Wuhan yang berpenduduk 11 juta jiwa.

Data terakhir menyebut, jumlah yang sudah terkena inveksi virus corona novel di China mencapai 37.000 orang. Sebanyak 811 orang di antaranya telah meninggal dunia dan 2.600 orang berhasil pulih.

Di luar China, virus telah menyebar ke 24 negara dan menginveksi 288 orang. Satu orang meninggal dunia.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *