Setelah 20 tahun berlalu USAF isyaratkan Pentagon akan beli F-15EX

F-15EXBoeing

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Setelah hampir 20 tahun berlalu sejak pembelian terakhir F-15E Strike Eagle pada 2001, Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) mengisyaratkan bahwa Pentagon kembali akan membeli jet tempur keluarga F-15 Eagle. Kali ini adalah varian F-15EX buatan Boeing dengan mesin baru F110-129 yang lebih kuat buatan General Electric.

Diberitakan Airforcemag, USAF menyampaikan sinyal rencana itu pada 28 Januari setelah mendapat informasi awal dari Life Cicle Management Center di Wright-Patterson AFB, Ohio.

Disebutkan, untuk tahap pertama Pentagon akan membeli delapan unit F-15EX dari rencana keseluruhan sebanyak 144 unit.

Meski demikian, untuk tahun ini Kongres AS hanya menyetujui pembelian dua unit F-15EX sesuai Undang-undang Otorisasi Pertahanan Nasional 2020.

USAF dapat mengajukan pembelian enam pesawat lainnya setelah mengajukan laporan tentang strategi akuisisi untuk program tersebut.

Anggaran untuk delapan pesawat pertama mencapai 1,1 miliar dolar. Besaran angka ini mencakup biaya rancangan teknik awal (initial engineering), desain perangkat keras dan perangkat lunak, integrasi subsistem, dan produksi suku cadang.

F-15EX dibangun dari basis F-15QA yang dibuat untuk Angkatan Udara Qatar tahun 2016. Diklaim Boeing, F-15QA merupakan pesawat tempur paling canggih dari keluarga F-15 saat ini.

F-15EX
Boeing

F-15EX direncanakan akan menggantikan peran F-15C Eagle. Pesawat ini dilengkapi sejumlah fitur baru termasuk struktur internal sayap, sistem kendali fly-by-wire, radar aktif APG-82 AESA, sistem komunikasi terbaru dan, heads-up display di kokpit.

Sumber lain menyebut, F-15EX akan menjadi “magasin senjata di udara” untuk melengkapi jet tempur siluman F-22 Raptor dan F-35 Lightning II.

F-15EX yang juga dijuluki “Strike Eagle on Steroids” ini mampu menjalankan misi multiperan, yaitu pertempuran udara ke udara dan serangan udara ke darat.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *