Puluhan awak tank T-72B3 di Abkhazia ikuti tahapan kualifikasi Tank Biathlon

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Puluhan awak tank T-72B3 dari Basis Militer Rusia di Abkhazia, Georgia mengikuti tahapan kualifikasi untuk bisa berlomba pada kompetisi Tank Biathlon yang akan digelar Kementerian Pertahanan Rusia pada Agustus tahun ini.

Mereka bersaing dengan para prajurit lainnya yang tegabung dalam pasukan gabungan ke-49.

Pada Maret tahun ini, awak-awak terbaik dari basis Abkhazia juga akan berkompetisi dalam perlombaan dengan para awak terpilih tank dari satuan lainnya.

Sebelum mengikuti tahapan kualifikasi, 40 kru T-72B3 telah melakukan latihan menembak target-target buatan menyerupai kendaraan lapis baja maupun helikopter yang sedang terbang rendah. Penembakan dilakukan pada jarak 1 hingga 5 km.

Sementara para pengemudi tank melaksanakan latihan ketangkasan menghadapi lintasan dan rintangan seperti kolam air, parit, jembatan, lereng, medan ranjau, dan lainnya.

BACA  Timbul tenggelam jet tempur Rafale untuk Indonesia

Kementerian Pertahanan Rusia memberitakan, ketangkasan para awak tank dinilai dengan berbagai cara, termasuk penilaian dari udara menggunakan drone.

Tank Biathlon, lomba ketangkasan para awak tank diikuti oleh ratusan peserta dari puluhan negara. Ajang ini pertama kali dilaksanakan pada 2013 dengan peserta dari empat negara yaitu Rusia, Kazakhstan, Belarusia, dan Armenia. Selanjutnya, Tank Biathlon menjadi bagian dari ajang tahun International Army Games yang digelar Kementerian Pertahanan Rusia.

Pada 2019, Tank Biathlon diikuti oleh 23 negara. Tiga negara dari Asia Tenggara mengikuti lomba ini, yaitu Vietnam, Myanmar, dan Laos.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *