Salam perpisahan untuk kapal selam serang cepat USS Pittsburgh

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Para kru kapal selam serang cepat USS Pittsburgh (SSN 720) melambaikan tangannya sebagai bentuk salam perpisahan dengan kapal yang pernah diawakinya.

Kapal selam kelas Los Angeles ini selanjutnya dipensiunkan setelah 35 tahun mengabdi. Upacara perpisahan penuh haru antara para kru dengan kapalnya tersebut dilaksanakan di U.S. Naval Undersea Museum, Keyport, Washington pada 17 Januari lalu.

Selain para kru, mereka yang hadir dalam acara ini adalah para mantan awak kapal selam terdahulu, keluarga, Dr. Carol Sawyer selaku sponsor, dan undangan lainnya.

USS Pittsburgh berkiprah di dinas Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS/US Navy) sejak 8 Desember 1984.

Dengan tidak diaktifkannya lagi USS Pittsburgh, maka para kru kapal selam ini akan dipindahtugaskan ke kapal lainnya.

AL AS menyatakan, USS Pittsburgh mendapatkan penugasan terakhirnya pada 25 Februari 2019. Usai menjalankan tugas, kapal ini melaksanakan pelayaran lintas Arktik menuju Bremerton. Kapal tiba di sana pada 28 Mei 2019 dan selanjutnya melaksanakan persiapan purnatugas.

USS_Pittsburgh_SSN-720
US Navy

SSN 720 merupakan kapal keempat di jajaran AL AS yang menggunakan nama Pittsburgh. Kapal selam ini mengemban tugas sebagai penjaga perairan dan kepentingan AS di lautan.

Tiga kapal US Navy lainnya yang menggunakan nama Pittsburgh semuanya adalah kapal permukaan. Yaitu USS Pittsburgh (1861), USS Pittsburgh (CA-4), dan USS Pittsburgh (CA-72).

USS Pittsburgh (SSN 720) dengan panjang 109,72 m dan berat 6.900 ton, dilengkapi dengan persenjataan berupa torpedo Mark 48 dan rudal serang darat Tomahawk.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *