Drone MALE Falco Xplorer garapan Leonardo sukses terbang perdana

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan kedirgantaraan asal Italia, Leonardo, sukses menerbangkan pesawat intai tanpa awak Falco Xplorer untuk pertama kalinya pada 15 Januari 2020.

Falco Xplorer diterbangkan dari Pusat Penerbangan Uji Coba AU Italia yang berada di Pangkalan Udara Trapani di Sisilia. Drone beregistrasi S/N0001 tersebut terbang 60 menit di atas zona terbang khusus Teluk Trapani.

Drone terbesar dari keluarga Falco ini pertama kali diperkenalkan di hadapan publik saat mengikuti Paris Air Show (PAS) pada Juni 2019 silam.

Drone kelas MALE (medium-altitude long-endurace) ini berdimensi panjang 9 m, tinggi 3,8 m, dan rentang sayap 18,5 m. Falco Xplorer mengadopsi sayap tinggi dan ekor model V.

Falco Xplorer memiliki bobot terbang maksimum (MTOW) 1.300 kg sebagi penggerak menggunakan mesin pusher buatan Rotax. Ketinggian terbangnya mencapai 9.000 dan durasi terbang hingga 24 jam. Dengan dilengkapi perangkat komunikasi satelit, Falco Xplorer dapat terbang melampaui garis pandang (BLOS).

Falco Xplorer
Leonardo

Muatan yang dibawa Falco Xplorer berkisar 350 kg. Perangkat misi yang dibawanya berupa radar aperture sintetis multimode Leonardo Gabbiano T-80. Ada pula menara elektro-optik gyrostabil LEOSS dan rangkaian sinyal intelijen SAGE (ELINT) serta sistem identifikasi otomatis (AIS) untuk penggunaan maritim.

Leonardo menyebutkan, drone Falco Xplorer akan disertifikasi sesuai dengan standar NATO STANAG 4671. Artinya drone ini mendapatkan izin terbang di wilayah angkasa negara-negara anggota NATO.

Falco Xplorer
Leonardo

Selain ditawarkan untuk kebutuhan militer dalam dan luar negeri sebagai drone ISR (intelijen, pengawasan, pengintaian), Falco Xplorer juga siap memenuhi kebutuhan sipil sebagai wahana untuk menjalankan misi pengawasan maritim, pengamatan lingkungan hidup, dan pemantauan akibat bencana alam.

Serangkaian uji coba Falco Xplorer akan berlangsung kurang dari setahun dan versi produksi diharapkan sudah dapat dijalankan pada 2021.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *