Dinamika Company dari Rusia bangun simulator Mi-26 Halo

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dinamika Company, perusahaan asal Rusia membangun simulator gerak helikopter superberat Mi-26 Halo. Dengan menggunakan simulator ini para penerbang Mi-26 dapat berlatih melakukan pergerakan heli di landasan, lepas landas, hingga pendaratan pada siang maupun malam hari.

Pilot juga berlatih melaksanakan penerbangan secara manual maupun otomatis.

Dengan simulator ini, pilot Mi-26 juga dapat melakukan simulasi penerbangan membawa kargo eksternal. Latihan diperlukan untuk memastikan pergerakan spasial dari kargo yang dibawa dan pengaruhnya terhadap dinamika penerbangan helikopter.

Simulator untuk latihan seperti itu pertama kali diciptakan Dinamika pada 2004 untuk sejumlah simulator helikopter seperti Mi-8MTV di Pushkino, Mi-171 di Ostrava, dan Mi-17V-5 di  Nikaragua.

Diberitakan TASS, layar pandang simulator mencakup luasan 250 km x 250 km dedgam sudut pandangan vertikal pilot -50 derajat hingga +30 derajat. Sementara untuk sudut pandang horizontal sebesar 95 derajat.

Mi-26 memindahkan monumen pesawat Tu-134.
Reddit Mi-26 memindahkan monumen pesawat Tu-134.

Simulator ini juga menggambarkan alam sekeliling seperti aslinya termasuk daerah pegunungan, daratan, lautan, objek udara serta beragam skenario cuaca baik pada siang maupun malam hari.

Proses uji penerimaan simulator Mi-26 dilakukan di Chkalov State Flight Test Centre pada Desember tahun lalu.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *