BIRD sukses uji sistem pengawasan maritim OSCAR di Afrika

BIRD Aerosystems OSCARBIRD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Perusahaan pengembang sistem pesawat misi khusus dan sistem proteksi rudal dari Israel, BIRD Aerosystems, telah sukses melakukan uji coba sistem kendali pengawasan dan pengintaian maritim dari udara bernama OSCAR (Ocean Surveillance Control and Reconnaissance) di Afrika.

Dengan sistem ini objek seperti kapal laut dapat diidentifikasi dengan jelas dari udara secara real-time.

Berbagai data mengenai kapal target dapat ditampilkan sehingga memberikan data yang detail mengenai kapal yang sedang diawasi.

Ronen Factor, pendiri dan C0-CEO BIRD Aerosystems dalam rilis berita yang dikirimkan ke Airspace Review menyatakan, kesuksesan uji coba OSCAR Maritime Domain Awareness (MDA) di Afrika memberikan gambaran yang lengkap kepada calon pengguna sistem ini.

Sistem sensor MDA pada OSCAR dapat bekerja secara otonom dan memberikan hasil yang sangat canggih.

Sistem ini, ujarnya, efektif digunakan untuk melakukan pengawasan zona ekonomi eksklusif (ZEE) selama 24 jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu atau dengan istilah 24/7.

Ia berharap, dengan melaksanakan uji coba OSCAR di Afrika akan menambah calon pengguna sistem ini lebih banyak di kawasan tersebut.

Lebih jauh mengenai sistem OSCAR akan dipaparkan oleh BIRD Aerosystems di ajang Africa Maritime Security Forum di Senegal pada 20-22 Januari mendatang

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *