F-16 pertama Garda Nasional AS telah dilengkapi radar AESA

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat F-16 pertama Garda Nasional Udara (Air National Guard/ANG) Amerika Serikat telah dilengkapi dengan radar AN/APG-83 SABR (Scalable Agile Beam Radar) buatan Northrop Grumman. Radar ini merupakan jenis radar AESA (active electronically scanned array).

Pengerjaan instalasi radar AESA pada pesawat F-16 pertama milik ANG selesai dilaksanakan di Joint Base Andrews, Maryland.

Sebanyak 72 F-16C/D milik Air National Guard akan ditingkatkan radarnya menggunakan AN/APG-83 SABR melalui kontrak yang telah ditandatangani pada 2017.

USAF menerangkan, peningkatan radar F-16 dengan AN/APG-83 SABR merupakan permintaan untuk memenuhi kebutuhan operasional Joint Emergent Operational Need (JEON) dari Komando Utara Amerika Serikat.

BACA  Pushidrosal kerahkan KRI Spica-934 ke ALKI I dan ALKI II

Dengan menggunakan radar ini peningkatkan kemampuan operasional Garda Nasional Udara yang merupakan bagian dari Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) dapat diselaraskan.

Radar AN/APG-83 SABR merupakan turunan dari radar AN/APG-77 AESA pada pesawat F-22 Raptor dan AN/APG-81 AESA pada F-35 Lightning II.

radar-F-16-SABR
USAF Instalasi radar SABR AESA pada pesawat F-16 Air National Guard.

Sehingga dapat dikatakan, kemampuan radar F-16 ini setara dengan kemampuan radar yang digunakan F-22 maupun F-35.

APG-83 memberikan bandwidth yang lebih besar, kecepatan, dan ketangguhan dalam penggunaannya.

Radar ini memungkinkan F-16 dapat mendeteksi dan menjejak jumlah sasaran lebih banyak, lebih cepat, serta dalam jarak jangkau yang lebih jauh.

Hingga saat ini Northrop Grumman telah memproduksi sedikitnya 200 unit radar AN/APG-83 SABR di fasilitas Baltimore. Radar ini dibuat untuk kebutuhan dalam negeri dan juga internasional.

BACA  Airbus Tawarkan H145M kepada Angkatan Darat Amerika Serikat
F-16-ANG-with-SABR-radar
USAF F-16 milik Air National Guard akan dilengkapi radar SABR AESA.

Seperti diketahui, selain menjadi basis radar bagi F-16 Viper (Block 70/72), AN/APG juga dipesan untuk upgrade F-16 Fighting Falcon ke F-16 Viper di sejumlah negara pengguna pesawat ini

Demonstrasi pertama penggunaan radar SABR pada F-16 dilaksanakan tahun 2010 di Pangkalan Udara Edwards, California.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *